Agar Tidak Jadi Sarang Bakteri, Jangan Malas Cuci Handuk Ya!

399
Handuk

Muslim Obsession – Menjaga kebersihan peralatan rumah tangga sangatlah penting. Tak hanya itu, perlengkapan mandi seperti handuk juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan kebersihannya.

Bisa jadi Anda mencuci handuk sebulan sekali, karena menganggap pemakaiannya hanya untuk mengeringkan tubuh yang sudah bersih setelah mandi. Padahal, handuk juga bisa jadi sarang mikroorganisme. Ada akibatnya pada tubuh jika Anda malas cuci handuk secara rutin.

Handuk bisa jadi sarang bakteri

Memang, penggunaan handuk adalah untuk mengeringkan tubuh yang sudah bersih. Jadi handuk sering dianggap tidak kotor. Namun, menurut Philip Tierno, PhD, profesor klinis patologi dan mikrobiologi dari NYU School of Medicine, Amerika Serikat (AS), setelah mandi tak semua bakteri tersapu bersih.

Beberapa masih tertinggal di tubuh. Nah, saat mengeringkan tubuh dengan handuk, bakteri di tubuh bisa berpindah ke handuk dan mulai berkembang biak.

“Bakteri akan terus menumpuk setiap Anda menggunakan handuk setiap harinya,” kata Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi dari Universitas Arizona, AS, seperti dikutip di Reader’s Digest.

Pendapat dua ahli tersebut juga diamini oleh dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, bahwa handuk yang lembap, basah, dan tidak kering sempurna akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Anjuran ini bahkan menjadi tidak berlaku apabila handuk yang digunakan sudah berbau.

“Aroma tak sedap biasanya berasal dari pertumbuhan mikroba pada handuk yang kotor tersebut. Jika kondisinya demikian, handuk harus segera dicuci menggunakan detergen,” jelas dr. Nadia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here