Agar Setan Tidak Masuk Rumah Bersamamu

1344
Agar Setan Tidak Masuk Rumah Bersamamu

Muslim Obsession – Dalam sebuah video singkat, diceritakan bahwa setan tidak akan masuk ke dalam rumah, jika penghuninya masuk dengan membaca basmalah atau Bismillahirrahmanirrahim.

Begitu pun sebaliknya, setan akan ikut masuk bersama kita bila kita tidak menyebut nama Allah saat masuk rumah.

Kemudian setan dengan puas berkata, “Manusia suka lupa, aku tak akan lupa.”

Hal ini  sesuai dengan hadits Rasulullah Saw. yang menganjurkan agar kita menyebut nama Allah saat masuk rumah. Tujuannya adalah agar setan dari luar tidak ikut masuk rumah bersama kita.

Berikut beberapa hadits yang menjelaskan tentang tata cara yang benar ketika masuk rumah, agar setan tidak bisa ikut masuk.

Dalam hadits dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah Saw. bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setanpun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam,” (HR. Muslim).

Hadits ini secara umum menunjukkan anjuran untuk berdzikir, menyebut nama Allah ketika masuk rumah dan ketika hendak makan. Setelah menyebut nama Allah barulah mengucapkan salam.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah Saw. berkata padanya, “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam agar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu,” (HR. Tirmidzi)

Hal demikian juga telah Allah perintahkan Al-Quran, “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik,” (QS. An-Nur [24]: 61).

Jika setan telah berhasil masuk ke dalam rumah dan ia tinggal bersama kita, maka ia akan terus mengganggu.

Contohnya, saat manusia bergadang atau terjaga di malam hari. Setan akan terus menggoda manusia agar ia tidak tertidur. Namun, ketika menjelang waktu subuh, setan akan berusaha membuat kita mengantuk, agar kita meninggalkan shalat.

Kemudian setan dengan senang berujar, “Tidurlah wahai anak Adam, kalian tidak akan bangun.”

Demikianlah, setan senantiasa mengganggu manusia supaya lupa dari mengingat Allah.

Wallahu A’lam bish Shawab(Vina)

Berikut video menarik yang bisa anda simak:

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here