Agar Ramadhan Spektakuler, Persiapkan Diri dari Sekarang!

1584

Keempat, tetapkan target. Maksudnya, kita harus memiliki niat untuk menjadi manusia yang lebih baik pasca Ramadhan. Tetapkan target agar Ramadhan menjadi momentum untuk melatih diri agar terbiasa dengan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Berpuasa di bulan Ramadhan, sejatinya, tidak sekadar menahan diri dari minum dan makan. Lebih dari itu, kita juga harus melatih diri menahan nafsu untuk tidak berkata yang buruk sehingga membuat orang lain tidak suka, menahan tangan dan kaki dari perilaku tercela, menahan telinga dan mata agar tidak digunakan pada perbuat yang tak disukai Allah.

Pun demikian dengan hati dan pikiran kita agar selalu ingat dan berpikir hanya tentang ketaatan kepada Allah, serta merasakan kehadiran Allah di manapun kita berada.

Kelima, pelajari dan pahami ilmu fikih Ramadhan. Syarat agar ibadah diterima di antaranya adalah ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karenanya, mengetahui dan memahami tuntunan Rasulullah merupakan hal yang harus diketahui.

Mempersiapkan diri dengan mempelajari fikih Ramadhan sangat penting agar kita siap dan maksimal beribadah di dalamnya. Kita tentunya perlu mengetahui hal-hal yang wajib, sunnah, mubah, makruh, atau haram dilakukan sepanjang Ramadhan.

Wallahu A’lam bish Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here