Ada Ukiran Kubah Masjid dan Lafal Allah dalam Penemuan Gua di Pagaralam

211

Pagaralam, Muslim Obsession – Warga Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, dihebohkan dengan penemuan gua di Pagaralam. Tepatnya di kawasan Desa Rimba Candi Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam. Pasalnya dalam mulut gua itu terdapat ukiran kubah masjid dn lafal Allah.

Selain itu juga di dalam goa ditemukan patung yang menyerupai tengkorak manusia. Goa tersebut memiliki kedalaman sekitar 15 meter dan disekitar Goa juga tersapat air terjun.

Penemuan ini pertama ditemukan oleh rombongan karang taruna Desa Rimba Candi yang saat itu hendak membuka lahan air terjun untuk dijadikan objek wisata.

Diduga ukiran dan beberapa benda dalam Goa tersebut merupakan peninggalan zaman dahulu. Namun masih pernelitian oleh para ahlinya. Sebab, jika diliat ukiran tersebut sudah tidak terlihat jelas, rapuh terkena lumut.

Ansori Tokoh masyarakat desa setempat mengatakan, bahwa sebenarnya air terjun dikawasan tersebut sudah lama diketahui. Namun untuk goanya sendiri baru saja ditemukan.

“Memang sudah lama air terjun ini kami ketahui keberadaannya. Dan kami masyatakat melakukan gotong royong untuk menjadikannya objek wisata. Saat sedang gotong royong itulah kami menemukan adanya goa ini,” ujarnya.

Saat ditemukan dibagian depan Goa juga ada ukiran dibatu yang menyerupai kuba masjid dan lafal Allah. Dan dibangian dalam gua ada batu yang dibuat menyerupai kepada tengkorak manusia.

“Ukiranya tampak jelas sekali yaitu gambar menyerupai Kubah Masjid dan lafal Allah,” katanya.

Penasaran dengan hal ini masyarakat setempat menyusuri goa dengan kedalaman sekitar 15 meter dari muka Goa dengan ketinggian sekitar 5 meter.

“Kami menduga jika goa ini merupakan peninggalam zaman dulu. Namun untuk memastikannya harus ada peneliti yang datang kesini langsung,” jelasnya.

Warga berharap agar dengan adanya penemuan ini kawasan tersebut mendapat perhatian dari pemerintah dan bisa dijadikan kawasan wisata.

“Kami berharap kawasan air terjun dan goa ini bisa menjadi objek wisata baru di Pagaralam. Dan pemerintah bisa membangun fasilitas pendukung seperti jalan dan fasilitas umum lainnya,” harapnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here