Ada Empat Wanita yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Mereka?

48738
Wanita Penghuni Surga (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, Muslim Obsession – Rasulullah Saw. bersabda, “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (Hadits Riwayat Muslim dari Abdullah Ibnu Umar).

Betapa Islam sangat memuliakan wanita shalihah. Siapa yang tidak mau? Mungkin setiap Muslimah ingin menjadi sebaik-baik perhiasan. Namun, siapakah sosok yang bisa kita jadikan figur?

Lebih lanjut, Rasulullah Saw. dalam sabdanya juga menjelaskan tentang empat sosok wanita shalihah yang dijamin jadi penghuni surga. Sebagaimana sabda beliau:

“Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah Saw., Khadijah Khuwailid dan Asiyah.” (HR. Hakim dan Muslim).

Lantas, apa keistimewaan keempat wanita ini sehingga mereka dikatakan sebagai wanita yang dijamin akan masuk surga? Berikut penjelasan singkatnya:

Maryam Binti Imran

Dialah ibunda Nabi Isa AS. Seorang wanita yang menghibahkan dirinya untuk beribadah kepada Allah. Dialah wanita mulia yang mendapatkan kehormatan ditiupkan ruh ke dalam rahimnya. Kemuliaan yang sekaligus ujian baginya.

Dia mengandung bayi tanpa disentuh seorang laki-laki pun. Dialah wanita yang tegar menghadapi cercaan dan tuduhan kaumnya. Dialah wanita yang melahirkan tokoh besar Nabi Isa AS.

Al-Quran bahkan menyebutkan kisah Maryam yang perawan dan putranya, Isa, lebih dari sekali. Tetapi kisahnya secara terperinci dipaparkan sempurna pada dua lokasi utama; yang pertama pada surat Maryam, dan yang kedua pada surat Ali ‘Imran, berdasarkan urutan turunnya.

Maryam adalah sebuah nama dalam bahasa Arab, yang asalnya Mary AmaMary artinya Tuhan. Ama semakna dengan amatun (dalam bahasa Arab) artinya hamba perempuan. Nama Mary Ama memiliki arti hamba (perempuan) Tuhan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here