Aceh Terapkan Peraturan Setiap Pramugari untuk Memakai Hijab

2746

Jakarta, Muslim Obsession – Terhitung mulai 1 Februari 2018, setiap pramugari di semua maskapai yang mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, wajib mengenakan hijab.

Peraturan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Aceh Besar yang dikeluarkan tanggal 18 Januari 2018. Surat yang ditandatangani Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, itu ditujukan kepada GM Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, Wings Air, AirAsia, dan Firefly.

Menanggapi hal itu, Manajer Lion Air Grup Banda Aceh, Andi Jamal, menyatakan semua pramugari yang melakukan penerbangan ke Bandara SIM akan mengenakan jilbab dan berpenampilan muslimah, saat ini manajemen Lion Group sedang melakukan pengadaan jilbab yang nantinya akan dibagikan keseluruh pramugari.

“Lion Air masih dalam proses pengadaan. Insya Allah secepatnya dari pihak Lion Group mudah-mudahan bisa menjalankan aturan sesuai dengan instruksi Pak Bupati,” kata Andi, Rabu (31/1/2018).

Andi menjelaskan, Lion Grup menaati aturan yang ada dan siap menjalankannya sesuai kebijakan pemerintah setempat. Dalam waktu dekat, pramugari akan berjilbab terutama dengan tujuan penerbangan ke Banda Aceh.

Sementara untuk Batik Air, pramugarinya telah mengenakan jilbab sejak sebulan lalu. Hal itu dikarenakan sebelumnya, surat edaran soal jilbab itu telah dikeluarkan oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Berbeda dengan Lion Air, maskapai penerbangan AirAsia hanya akan menggunakan jasa pramugara untuk penerbangan ke Aceh setelah provinsi di Indonesia tersebut menerapkan bahwa pramugari wanita muslim harus mengenakan jilbab saat tiba di wilayah itu.

“AirAsia mengakui peraturan yang diberlakukan oleh otoritas wilayah Aceh. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa operasi kami sesuai dengan itu,” ujar seorang pejabat di AirAsia

Pejabat ini menjelaskan bahwa untuk sementara semua penerbangan AirAsia dari dan ke Aceh akan dioperasikan oleh awak kabin laki-laki. (Iqbal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here