Ace Hasan: Perintah Shalat Jelas Ada dalam Al-Quran

106
Ketua Komisi VIII DPR RI Tb. Ace Hasan Syadzily.

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meluruskan pernyataan pegiat media sosial Ade Armando yang menyebut shalat lima waktu tidak ada perintah dalam Al-Quran. Menurutnya itu perintah shalat ada dalam Al-Quran.

“Sebetulnya, perintah salat wajib lima dengan waktu yang telah ditentukan secara jelas dalam ayat-ayat Al-Qur’an disebutkan, walaupun penyebutan istilah lima kalinya disebutkan dalam hadits Nabi. Al-Qur’an sendiri tegas memerintahkan shalat,” kata Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (4/11/2021).

Ace mengatakan perintah melaksanakan shalat itu terdapat dalam berbagai ayat dalam Al-Qur’an. Meski demikian, dia menilai ucapan Ade Armando soal perintah salat lima waktu itu ada benarnya.

“Secara substansi, apa yang disampaikan Pak Ade Armando memang benar bahwa tidak disebutkan eksplisit dalam Al-Qur’an soal istilah lima waktu itu. Penegasan eksplisitnya ada dalam hadits Nabi,” ujar Ace.

“Sebetulnya hal-hal yang sangat fundamental seperti ini sudah menjadi pengetahuan dasar bagi seorang muslim bahwa kewajiban shalat 5 waktu ini merupakan bagian dari rukun Islam,” sambungnya.

Oleh sebab itu, menurut Ace, ucapan Ade Armando tak perlu dijadikan polemik. Ace menilai ucapan Ade Armando soal perintah salat lima waktu itu cukup dijadikan pengingat untuk terus belajar soal agama Islam.

“Apa yang disampaikan Pak Ade Armando ini anggap saja sebagai pengingat kita untuk menggali kembali pelajaran dasar tentang ajaran agama Islam. Tidak perlu menjadi polemik,” tuturnya.

Pernyataan Ade Armando soal perintah salat lima waktu tidak ada dalam Al-Qur’an disampaikan dalam video berjudul ‘SHAMSI ALI, FELIX SIAUW, MENGEROYOK SAYA SOAL SYARIAH’ yang tayang di kanal YouTube CokroTV.

Konteks pernyataan Ade ini ialah tanggapan atasan pernyataan Imam Masjid New York Shamsi Ali yang menyebutnya mengingkari Islam lantaran tak menjalankan syariat Islam.

“Sebenarnya saya menjelaskan cukup panjang, namun perasaan Shamsi sudah terlalu emosional, maka dia tidak mampu membahas argumen saya. Yang keluar justru bukan hasil dari kerja otak dia,” kata Ade dalam video tersebut, Rabu (3/11).

Ade juga mempertanyakan pernyataan Shamsi soal mereka yang tak menjalankan syariat berarti mengingkari Islam. Jika begitu, menurutnya, banyak sekali orang yang mengingkari Islam karena tidak menunaikan salat lima waktu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here