Abu Ayyub Kritik Kebijakan Pemindahan Ibu Kota pada Masa Ali bin Abi Thalib

500
Ilustrasi Khalifah

Muslim Obsession – Abu Ayyub al-Anshari dirundung gelisah. Pasalnya, ia telah mendengar desas-desus yang berkembang di tengah para sahabat bahwa ada rencana dari Amirul Mukminin, Ali bin Abi Thalib, untuk memindahkan ibu kota negara.

Isu yang berkembang saat itu adalah Ali bin Abi Thalib akan melakukan pemindahan ibu kota negara dari Madinah menuju Syam.

Gunjingan para sahabat terkait isu tersebut semakin menjadi tatkala Ali bin Abi Thalib berencana untuk berkunjung ke Syam dalam rangka silaturahmi dan temu kangen dengan beberapa sanak famili dan handai tolan yang bermukim di sana.

Selain itu, rencana kunjungan Ali bin Abi Thalib ke Syam juga bermaksud ingin melakukan Sidak (inspeksi mendadak) terhadap kelompok Muawiyah, khususnya terkait hal-hal yang sedang dilakukan Muawiyah bersama para pendukungnya di Syam.

Hal ini karena Muawiyah dan kelompoknya sangat keras mengkritik Ali bin Abi Thalib dalam hal penanganan kasus pembunuhan Utsman bin Affan. Bahkan ada isu yang berhembus  bahwa Muawiyah dan barisannya sedang merencanakan kudeta atas kepemimpinan Ali bin Abi Thalib.

Rencana silaturahim tersebut ternyata ditafsirkan berbeda oleh para sahabat yang menetap di Madinah. Rencana kunjungan Ali tersebut dianggap oleh sahabat sebagai bagian dari salah satu rangkaian usaha untuk memindahkan ibu kota.

Kisah ini diabadikan dalam salah satu buku dari serial buku Empat Khulafaur Rasyidin karya Muhammad as-Shalabi yang berjudul “Asmal Mathalib fi Siirati Amiril Mukminin Ali bin Abi Thalib.”

Para sahabat tidak kompak menanggapi isu terkait rencana Ali bin Abi Thalib ini, bahkan sebagian besar sahabat tidak sepakat dengan rencana aneh Ali itu. Abu Ayyub al-Anshari yang gelisah karena terpengaruh kabar miring tersebut bergegas menemui Ali bin Abi Thalib di rumahnya.

Setelah diizinkan masuk dan bertemu Amirul Mukminin, Abu Ayyub segera memberondong Ali bin Abi Thalib dengan pertanyaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here