Aa Gym: Semua Masalah Muncul Karena Tidak Bisa Mengendalikan Diri

961
Aa Gym.
Aa Gym.

Muslim Obsession – KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan bahwa setiap masalah bisa muncul karena seseorang tidak sabar.

Tepatnya, masalah itu muncul karena seseorang tidak bisa menahan diri dan tidak bisa mengendalikan diri.

“Jadi sabar adalah kemampuan seseorang untuk menahan diri, mengendalikan diri. Sehingga sikap yang dilakukan adalah sikap yang disukai Allah,” ujar Aa Gym dalam tayangan yang dipostingnya di akun Instagram.

Menurut Pimpinan Ponpes Daarut Tauhid itu, sabar bisa diaplikasikan dalam beberapa keadaan. Sabar saat melakukan ketaatan kepada Allah, sabar ketika menjauhi maksiat, dan sabar ketika menghadapi musibah.

Aa Gym mengajak agar setiap orang dapat melatih kesabaran dengan cara terus mengendalikan mata, pikiran, telinga, lisan, keinginan, dan nafsu.

“Terutama mengendalikan niat kita, sehingga semua terkendali dengan baik,” jelasnya.

Lantas, apa ciri orang yang sabar?

Aa Gym menjawab, cirinya adalah ketika seseorang sudah bisa mengendalikan semuanya dengan baik, sehingga akan muncul rasa nyaman pada dirinya. Kalau sudah merasa nyaman dengan dirinya sendiri, lanjut Aa Gym, maka insya Allah orang lain pun akan merasa nyaman bersama dirinya.

Menurutnya, kebaikan selalu mendatangkan kenyamanan, sementara keburukan dan dosa akan mendatangkan ketidaknyamanan.

“Mudah-mudahan kita selalu bisa mengendalikan diri, menahan diri, sehingga apapun yang kita lakukan hanya kebaikan, kebaikan, dan kebaikan yang diterima Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin,” tutupnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here