Aa Gym: Ini Ciri-Ciri Haji Jadi Mabrur

749

Makkah, Muslim Obsession – KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengatakan, oleh-oleh terpenting yang harus dibawa setiap jamaah haji sepulang dari Makkah bukan kurma atau buah tangan lainnya, melainkan predikat haji mabrur.

Cirinya antara lain adalah adanya perubahan diri seorang jamaah menjadi lebih baik atau meningkat kebaikannya.

“Berubah menjadi lebih baik. Itu kemabruran. Makin baik perubahan menuju baiknya, berarti makin sukses hajinya. Kalau hajinya tidak berubah, namanya haji khasirun yaitu haji rugi. Kalau hajinya lebih jelek, ini haji madud atau haji celaka,” kata Aa Gym dalam ceramah siaran langsung di akun facebooknya KH Abdullah Gymnastiar, Kamis (15/8/2019).

Aa Gym melanjutkan, ketika dijamu oleh Allah di Tanah Suci, pahala dilipatgandakan, dimana sekali shalat menjadi seratus ribu kali. Belum lagi di Arafah, dimana jamaah dijamu dengan “khairu doa”, yakni doa terbaik dan dibebaskan dari api neraka.

“Saat di Arafah itu, Allah membanggakan para haji ini di depan para malaikat. Kalau sudah sampai diperlakukan begitu hebat dan tidak berubah, berarti sangat buruk hati orang ini. Jadi pilihannya cuma satu. Oleh-oleh terpenting adalah kita berubah menjadi lebih baik,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here