Aa Gym Ingatkan Mualaf Berhak Mendapat Zakat

264
Aa Gym.
Aa Gym.

Jakarta, Muslim Obsession – Penyaluran zakat tidak hanya diberikan kepada sesama umat Islam, mereka yang baru memeluk Islam atau mualaf juga berhak mendapatkan zakat pada Bulan Ramadhan.

Hal itu ditegaskan oleh pendiri Daarut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Ia mengingatkan kepada sesama Muslim untuk peduli dan perhatian dengan saudara-saudara lain, termasuk saudara muslim yang baru menjadi mualaf.

“Tidak boleh diremehkan, mualaf ini punya hak dari zakat, dan harus dibagikan,” ujar Aa Gym, Minggu (10/5/2020).

Ia menyebut mualaf merupakan salah satu golongan mustahiq zakat. Terlebih dengan kondisinya sebagai seorang mualaf, mereka kerap dikucilkan dari keluarga. Bahkan ada yang diusir dari keluarga, sehingga butuh pertolongan dari sesama umat Islam.

“Mereka (mualaf) banyak sekali kesulitan, sehingga kita harus ambil bagian dalam meringankan kesulitannya bentuk apapun. Setidaknya perhatian, doa atau harta dan ilmu agar mereka bisa mencari penghasilan,” ujar Aa Gym.

Aa Gym menuturkan mualaf memiliki keutaman ketika mendapat hidayah yaitu semua dosanya dihapuskan. Mualaf juga tidak punya catatan baik. “Ketika baru memulai beragama Islam maka dari nol. Ini merupakan karunia mualaf,” tutur ulama dari Bandung ini.

Dia pun mengutip surat At Taubah ayat ke-60 tentang bagian mualaf sebagai penerima zakat (mustahik).

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here