9 Tips Dapatkan Manfaat Luar Biasa dari Al-Quran

203
Penghafal Quran
Penghafal Quran (Photo: Ilustrasi)

Muslim Obsession – Al-Quran merupakan hadiah utama Allah bagi umat manusia. Al-Quran adalah mukjizat yang bersaksi tentang kenabian Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sumber abadi bimbingan ilahi, penyembuhan, cahaya, dan rahmat.

Al-Quran membawa kabar gembira bagi yang sadar akan Tuhan dan merupakan peringatan bagi yang lalai. Di dalamnya terkandung kebijaksanaan yang tak ada habisnya dan intisari pengetahuan bagi manusia di masa lalu dan akan datang.

Inilah kitab suci yang terjaga keasliannya, diturunkan Allah melalui Malaikat Jibril kepada utusan-Nya yang mulia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah panduan keselamatan bagi siapapun yang mengakrabkan diri kepadanya, baik keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Untuk semua alasan ini, penting bagi kita untuk terlibat dan memperlakukan Al-Quran dengan cara yang benar.

Sheikh Ahmad Kutty, Dosen Senior dan Cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto, Ontario-Kanada, dalam About Islam, berbagi tips agar kita mendapatkan manfaat yang luar biasa dari Al-Quran. Apa saja?

1. Visualisasikan kemegahan Al-Quran dan keagungan Allah

Untuk mendapatkan manfaat yang benar dari Al-Quran, sangat penting bahwa pikiran dan hati kita dipenuhi dengan rasa hormat dan kekaguman yang mendalam terhadap Al-Quranul Karim dan Allah ‘Azza wa Jalla. Yakinilah bahwa Al-Quran merupakan firman Allah yang mulia, seperti yang dipaparkan dalam QS. Al-Hasyr ayat 21:

“Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.”

2. Dekati Al-Quran dengan penuh perhatian

Kita tidak bisa berharap mendapat manfaat dari Al-Quran jika tidak memperhatikannya secara benar. Jadi hilangkan semua potensi yang bisa mengganggu. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendorong konsentrasi yang tepat (khusyuk), seperti memurnikan diri sendiri baik secara fisik maupun batin, duduk dengan nyaman dengan santai, menciptakan suasana yang tepat, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here