8 Tips Sederhana Agar Anak Senang Mengaji

639
Mengaji (Foto: Islamic Online University)

Muslim Obsession – Al-Quran adalah firman Allah. Merupakan suatu kehormatan dan berkah bagi setiap orangtua Muslim bisa menyaksikan anak-anak mereka mencintai Al-Quran.

Mencintai Al-Quran tidak hanya terbatas pada menghafal ayat-ayat tertentu. Namun jauh lebih dari itu, ketika seorang anak mencintai Al-Quran, ia merasakan dorongan untuk membaca ayat-ayat sepanjang hari, memahami apa yang ia ucapkan, dan tertarik pada segala sesuatu yang berkaitan dengan Al-Quran termasuk kesenangan mereka pada mengaji.

Perlu diketahui, seperti dikutip dari Islamic University,  anak-anak sebagian besar dipengaruhi oleh lingkungan dan pengasuh utama mereka. Jadi, peran orangtua sangat penting dalam membantu anak-anak mengembangkan ikatan yang kuat dan penuh cinta dengan Al-Quran.

Berikut delapan tips sederhana untuk membantu Anda menanamkan cinta Al-Quran di hati anak Anda:

Berdoa

Berdoa adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh orangtua. Berdoalah agar anak Anda senantiasa mencintai Al-Quran. Sebab, tidak ada yang bisa terjadi kecuali dengan izin Allah, dan Allah dapat membuat semua hal menjadi mungkin. Dalam berdoa, Anda juga harus meluruskan niat karena Allah semata. Ingatkan diri Anda tentang kebajikan Al-Quran untuk tetap termotivasi.

Jangan lupa bahwa sebagai orangtua, adalah kewajiban Anda untuk menjaga anak-anak Anda dan memastikan mereka melakukan segala sesuatu yang diridhai Allah.

“Hai orang-orang yang beriman, lindungi dirimu dan keluargamu dari api yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu …” Q.S. At-Tahrim [66]:  (6)

Ajaklah anak-anak Anda untuk sering mendengarkan Al-Quran

Mulailah kebiasaan mendengarkan bacaan Al-Quran  bahkan sebelum anak-anak Anda dilahirkan; saat Anda masih hamil, saat merapikan rumah, memasak, atau sekadar bersantai. Biarkan Al-Quran menenangkan bayi ketika mereka merasa cemas atau menangis.

Ketika anak-anak Anda tumbuh dewasa, terus putar bacaan melalui audio Al-Quran di sekitar mereka dengan rutin. Sangat penting bagi anak-anak untuk mengenal Al-Quran, karena pada akhirnya hal ini akan memudahkan mereka untuk membaca dan bahkan menghafal.

Bagikan kisah indah Al-Quran

Allah menceritakan kepada kita beberapa kisah dalam Al-Quran, dan setiap kisah dilengkapi dengan pelajaran dan atau inspirasi. Anda dapat berbagi cerita ini dengan anak-anak Anda dengan membaca buku anak-anak atau dengan menonton video kartun Islami yang terkait dengan topik tersebut. Berbagi cerita dari Al-Quran membantu anak-anak memvisualisasikan Al-Quran lebih banyak dan meningkatkan pemahaman mereka.

Sabar dan jangan memaksa anak

Anda tidak perlu memaksa anak-anak duduk selama berjam-jam dalam mengaji, karena mereka memiliki rentang perhatian dan konsentrasi yang jauh lebih pendek. Perlu digarisbawahi, Anda tidak boleh menggunakan kekerasan seperti memukul, tindakan menyakiti atau membentak anak Anda agar mereka mau mengaji. Jangan juga membatasi bacaan hanya dengan Juz ‘Amma karena fokus di sini adalah membiasakan mereka dengan Al-Quran, bukan menghafal.

Lakukan aktivitas keluarga dan mainkan permainan

Lakukan aktivitas dengan seluruh keluarga dan buat game yang sesuai berdasarkan fakta dari Al-Quran. Contohnya adalah melakukan kuis dan membentuk tim yang berbeda untuk bermain melawan satu sama lain dengan cara yang kompetitif namun penuh kasih dan menyenangkan. Contoh lain adalah melakukan kegiatan yang mengharuskan semua orang untuk berpartisipasi dengan melakukan penelitian dan melakukan kerajinan kreatif.

Dorong mereka untuk membagikan apa yang telah mereka pelajari.

Ketika pengetahuan anak-anak Anda tentang Al-Quran meningkat, izinkan mereka untuk membagikannya kepada Anda. Juga buatlah mereka cukup nyaman untuk mengoreksi Anda ketika Anda membuat kesalahan dalam bacaan Anda. Karena Anda ingin mereka menjadi yang terbaik dengan mengajarkan apa yang telah mereka pelajari.

Perlihatkan dengan contoh

Sederhananya, tindakan lebih berarti daripada kata-kata. Anak-anak belajar lebih baik ketika mereka melihat melalui contoh, bukan ketika mereka diminta untuk melakukannya. Dengarkan dan baca Al-Quran setiap hari walaupun beberapa menit. Menunjukkan kepada anak-anak Anda pentingnya Al-Quran dan betapa Anda mencintai Al-Quran akan mendorong mereka untuk mengikuti jejak Anda sebagai orangtua.

Rewards atau pujian

Pujilah dan berikan hadiah kepada anak Anda ketika mereka berhasil dalam belajar mengaji. Contoh saat mereka beranjak dari bab 1 menuju bab 2 dalam Iqra, saat mereka bisa menghafal surat tertentu, saat mereka khatam Al-Quran dan lain sebagainya. Intinya, berikan mereka apresiasi dan jangan lupa pujilah prestasi anak Anda.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here