8 Peserta Terbaik Indonesia Mengaji Akan Dikirim untuk MTQ Internasional

170
MTQ Internasional di Iran (Foto: Bimas Islam)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama bekerjasama dengan Indonesia menggelar acara Indonesia Mengaji selama Ramadan 1441H/2020M. Acara yang tayang setiap malam Ramadan ini menampilkan qari-qariah terbaik perwakilan seluruh provinsi di Indonesia.

Total ada 68 peserta, terdiri dari 34 Qari dan 34 Qariah yang berkompetisi secara bergantian setiap malam Ramadan 1441. Proses kompetisi ini akan memilih empat Qari dan empat Qariah terbaik sebagai Juara I, II, III dan harapan I.

“Insya Allah bagi mereka yang masuk dalam delapan terbaik pada kesempatan ini, Kemenag akan memberikan kesempatan untuk mengikuti MTQ Internasional,” terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin seperti dilansir Kemenag, Ahad (17/5/2020).

Pesan yang disampaikan Kamaruddin Amin ini disiarkan langsung Indosiar dalam edisi Indonesia Mengaji.

Menurut Kamaruddin, Kemenag setiap tahun mendapatkan undangan dari berbagai negara, terutama negara-negara Timur Tengah untuk mengikuti MTQ Internasional. Negara-negara tersebut antara lain Mesir, Saudi Arabia, Iran, Turki, Bahrain, dan sejumlah negara arab lainnya.

“Sekarang ini sudah ada lebih 10 negara yang mengundang Indonesia untuk berpatisipasi. Tapi karena Covid-19 ini, sehingga ditunda,” ujarnya.

“Jika tahun ini tidak jadi dilaksanakan, insya Allah akan dilaksanakan tahun depan dan kita akan mengirimkan peserta yang berhasil masuk 8 besar untuk mengikuti event internasional yang akan dilaksanakan di berbagai negara tersebut,” sambungnya.

Atas nama Kemenag, Dirjen Bimas Islam menyampaikan terima kasih kepada Pemda, Indosiar dan seluruh pihak yang telah bekerjasama sehingga acara Indonesia Mengaji berlangsung dengan baik.

“Selamat kepada para peserta. Semoga berkah, semakin menginspirasi dan mencintai Al-Quran, serta semakin memberikan semangat kepada anak-anak Indonesia,” tuturnya.

Terpisah, Direktur Penerangan Agama Islam yang juga salah satu dewan juri Juraidi mengatakan bahwa Indonesia Mengaji sudah masuk edisi pemilihan delapan besar terbaik. Semalam, sudah dipastikan satu peserta yang akan masuk dalam empat besar Qariah terbaik.

“Semalam, satu peserta asal Sumatera Barat atas nama Dani dipastikan masuk empat besar Qariah terbaik,” pungkas Juraidi.

“Nanti malam kita akan memilih Qari yang masuk empat besar terbaik. Begitu seterusnya, sampai dengan edisi terakhir di malam Ramadan tahun ini,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here