770 Santri Tabalong Meriahkan Tahun Barus Islam

458
Festival Anak Saleh
Ilustrasi Festival Anak Saleh.

Tanjung, Muslim Obsession – Umat Islam di tanah air memiliki tradisi sendiri dalam menyambut tahun baru hijriyah.

Di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, awal Muharram 1440 H disambut Festival Anak Saleh yang dilaksanakan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Acara tersebut berjalan meriah karena 770 santri se-Kabupaten Tabalong turut memeriahkannya. Mereka ambil bagian dalam 27 cabang lomba, seperti tilawah Al-Quran, adzan, dan busana muslim.

Menurut Safrudin, ketua panitia pelaksana Festival Anak Saleh, acara tersebut dilaksanakan setiap tiga tahun untuk menciptakan generasi muda yang aktif, berilmu dan berakhlakul karimah.

“Pasatinya juga untuk meningkatkan iman dan takwa terhadap Allah Swt.,” kata Safrudin, Rabu (12/9/2018).

Festival Anak Saleh digelar selama tiga hari. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, hadir untuk membuka acara tersebut. Saat pembukaan juga hadir Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Syarifah Syifa, Sekretaris Daerah Abdul Muthalib Sangadji, serta jajaran DPD BKPRMI setempat.

Dalam sambutannya Anang menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai ikhtiar untuk memberikan ruang bagi anak-anak mendalami ilmu agama sambil mengamalkanya.

Terlebih lagi acara tersebut memiliki semangat yang sama dengan visi dan misi Kabupaten Tabalong, yakni mewujudkan masyarakat di ‘Bumi Saraba Kawa’ yang agamis. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here