7 Tips Jaga Kesehatan Kulit Tangan

148
Untuk mencegah virus Corona, masyarakat diimbau untuk menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Muslim Obsession – Dengan merebaknya  wabah COVID-19, para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendorong semua orang untuk sering mencuci tangan.

“Baik itu pandemi corona yang meningkat dengan cepat atau pada musim dingin apa pun, mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan infeksi,” kata Dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington, dilansir Healthline, Senin (23/3/2020).

Karena kita akan rajin mencuci tangan lebih sering daripada biasanya, para ahli kulit berbagi tips yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat.

  1. Cuci dengan air hangat

Daniela Kroshinsky, direktur dermatologi anak dan dermatologi rawat inap di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan untuk mencuci tangan setidaknya 20 detik dengan sabun dan air hangat.

  1. Hindari sabun batangan

Karena banyak sabun dapat mengupas kulit dan menyebabkannya kering dan pecah-pecah, pilihlah sabun yang melembabkan.

“Misalnya, sabun dengan konsistensi krim. Anda juga harus memperhatikan sabun dengan bahan-bahan seperti gliserin dan lanolin. Juga, cobalah untuk menghindari sabun batangan.

Renée Rouleau, ahli perawatan kulit dan ahli kecantikan, juga menyarankan untuk menjauh dari sabun batangan.

“Pengikat yang menyatukan sabun secara alami memiliki pH tinggi, yang akan menyebabkan kekeringan. Sebaliknya, pilih sabun cair karena umumnya tidak membuat kulit kering,” kata Rouleau.

Apa pun jenis sabun yang Anda gunakan, cobalah untuk tidak terlalu agresif dalam hal membersihkan tangan. Jangan terburu-buru dan kasar dalam membersihkan kulit tangan.

  1. Oleskan pelembab

Pelembab untuk kulit tangan itu penting. Alasannya adalah air bertindak seperti magnet dan akan menarik air keluar dari lapisan kulit terdalam dan menguap ke udara kering. Hasilnya kulit menjadi lebih kencang dan kering. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan untuk segera menerapkan krim tangan sesudahnya.

Friedman menyarankan agar menggunakan krim atau salep daripada lotion, yang katanya memiliki kandungan air terlalu banyak hingga menghalangi air keluar dari kulit.

Dia mencatat bahwa bahan-bahan dalam pelembab topikal yang membantu melindungi kulit termasuk:

  1. Kenakan sarung tangan

Selain mengoleskan pelembab ke kulit setelah dicuci, Friedman mengatakan untuk merendam tangan Anda dalam air biasa selama 5 menit, lalu oleskan pelembab lagi, dan kenakan sarung tangan selama 1 hingga 2 jam.

“Ini akan memastikan bahwa kelembaban permukaan mencapai secara menyeluruh. Sama seperti masker lembar wajah, sarung tangan akan menjaga tangan Anda lembab selama 6 hingga 8 jam memungkinkan kulit di tangan mendapatkan TLC yang dibutuhkan,” ujarnya.

Selain itu, mengenakan sarung tangan pada cuaca dingin dan berangin juga dapat mencegah dari kerusakan kulit kering.

  1. Gunakan balsem kulit

Jika Anda menderita kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis dan menemukan kulit kering Anda menjadi semakin kering, mentah, atau pecah-pecah karena lebih banyak mencuci tangan, maka disarankan untuk memilih balsem kulit seperti Vaseline dan menerapkannya langsung ke luka atau daerah yang retak.

Jika Anda memiliki celah yang dalam, yang dikatakan Friedman sering terjadi di sisi jari oleh sisipan kuku, pertimbangkan Band-Aid cair.

“Liquid Band-Aid adalah cara yang bagus untuk menjaga tepi celah bersama untuk mempercepat penyembuhan luka,” katanya.

  1. Pengganti pembersih tangan untuk sabun

Jika tangan Anda terlalu pecah-pecah untuk mencuci tangan dengan sering, Kroshinsky mengatakan Anda dapat menggunakan pembersih tangan untuk sementara waktu.

“Pembersih tangan adalah pilihan lain untuk membatasi cuci tangan sampai kulit pulih, tetapi tidak sebelum makan, setelah pergi ke kamar mandi, atau ketika tangan terlihat kotor atau apapun yang seharusnya melibatkan cuci tangan,” tuturnya.

  1. Keringkan tangan dengan tisu

Saat mengeringkan tangan, kata Rouleau blot, jangan usap untuk mencegah mikro-lecet pada kulit.

Tisu adalah yang terbaik, tetapi jika Anda menggunakan kain, setiap orang di rumah harus memiliki handuk sendiri dan handuk harus diganti dengan yang bersih setiap 3 hari. Pastikan tangan benar-benar kering, karena kuman lebih mudah dipindahkan pada tangan yang basah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here