7 Langkah Membangun Kebiasaan Tidur Malam Teratur

86
Ilustrasi: Tidur malam. (Foto: myfitnesspal)

Muslim Obsession – Lazim diketahui bahwa memiliki kebiasaan tidur yang tidak teratur bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Seseorang yang kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, mudah kehilangan fokus, menurunkan gairah seks, dan menyebabkan penambahan berat badan.

Memiliki kebiasaan tidur larut malam juga dapat memengaruhi mood dan memicu stres. Bahkan, orang yang punya kebiasaan begadang memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes dan lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung.

BACA JUGA: Setop Tidur Tengkurap! Ini Dampak Buruknya bagi Kesehatan

Sebaliknya, tidur malam yang berkualitas bisa membuat membantu tubuh dan pikiran menjadi sehat, meningkatkan ketajaman mental dan emosional.

Lalu, bagaimana agar kita memiliki kebiasaan tidur yang teratur dan berkualitas?

Menukil Halodoc, sebenarnya membangun kebiasaan tidur malam teratur dimulai dari rutinitas itu sendiri. Anda hanya perlu menjadwalkan jam tidur dan membiasakan beberapa hal supaya mendapatkan pola tidur malam yang teratur.

BACA JUGA: Tips Agar Tidur Ditemani Malaikat Bukan Setan

Nah, berikut ini 7 langkah untuk membangun kebiasaan tidur malam yang teratur:

  1. Tetapkan niat untuk mendapatkan istirahat malam yang berkualitas, antara lain dengan tidur malam selama 6-7 jam.
  2. Kembalikan waktu tidur untuk menyelaraskan ritme sirkadian alami.
  3. Biarkan cahaya matahari pagi masuk ke kamar, karena paparan cahaya membuat melatonin, hormon yang mengatur tidur, sejalan dengan siklus tubuh.
  4. Jauhi layar televisi, komputer, atau perangkat dengan cahaya yang dapat menekan melatonin. Jadi, hindari menggunakan perangkat ini di malam hari atau sekitar waktu tidur.
  5. Hindari makan besar dan minum banyak cairan sebelum tidur. Terlalu kenyang bisa membuat mata tetap terjaga, sementara terlalu banyak mengonsumsi air sebelum tidur bisa membuat Anda terbangun tengah malam.
  6. Tetapkan batasan di mana tempat tidur adalah untuk tidur, bukan aktivitas lain seperti bekerja. Dengan menetapkan ini Anda mengirimkan pesan ke otak untuk lekas tidur saat berbaring di ranjang.
  7. Dzikrullah sambil berbaring bisa membuat hati dan pikiran tenang. Cara ini sangat efektif bagi Anda yang kesulitan tidur.

Selamat mencoba! (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here