7 Cara Pakai dan Lepas Masker Agar Tak Undang Kuman

268
Masker (Foto: Bloomberg)

Muslim Obsession – Fakta bahwa coronavirus menyebar melalui tetesan pernapasan dan dapat tetap bertahan hingga 72 jam pada permukaan tertentu, serta ditularkan oleh orang-orang yang tidak menunjukkan gejala, mendorong pemerintah untuk mengambil langkah-langkah yang lebih ketat, salah satunya yakni anjuran menggunakan masker.

Tidak sembarang mengenakan masker, untuk menghindari infeksi secara tidak sengaja pada diri Anda saat mengenakan masker, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar Anda mengikuti langkah-langkah ini, dikutip dari Daily Sabah, Rabu (8/4/2020):

  1. Sebelum mengenakan masker, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun atau air atau pembersih berbasis alkohol (hand sanitizer) selama setidaknya 20 detik.
  2. Kemudian dengan tangan kering, pegang hanya pita atau ikatan elastis, pastikan bagian berwarna (biasanya hijau, kuning atau biru) atau jika putih di seluruh sisi yang ditunjukkan oleh pabrikan menghadap ke luar, lalu letakkan masker di wajah Anda.
  3. Letakkan satu lingkaran di sekitar setiap telinga. Setelah terpasang, jepit ujung masker yang bisa ditekuk dengan dua jari untuk menyesuaikannya dengan bentuk hidung Anda, untuk memastikan tidak ada celah dan mulut dan hidung Anda tertutup.
  4. Yang paling penting Anda akan melihat orang melakukan kesalahan adalah menyentuh masker saat menggunakannya, terutama bagian depan di mana mulut berada. Menurut dokter, ini hanya mengundang virus untuk menginfeksi Anda seolah-olah Anda tanpa sadar menyentuh permukaan yang terkontaminasi dengan tangan Anda.
  5. Jika Anda kebetulan atau tanpa sengaja melihat diri Anda melakukan itu, lepaskan maskernya, lalu cuci tangan Anda dan kenakan yang baru.
  6. Untuk melepaskan masker, sekali lagi, pastikan tangan Anda bersih dan lepaskan dari belakang telinga, jangan menyentuh bagian depan sama sekali. Buang segera dengan membuangnya ke tempat sampah dengan penutup yang tertutup dan cuci tangan Anda lagi.
  7. Segera setelah masker Anda menjadi lembab, baik karena keringat atau bersin atau batuk, gantilah. Jangan menggunakan kembali atau mencoba mencuci masker sekali pakai.

Gülay Kılıç, seorang dokter penyakit menular, juga memperingatkan bahwa masyarakat seharusnya tidak berusaha mendapatkan masker respirator N95 karena persediaannya sudah rendah dan tidak ada cukup masker untuk petugas perawatan kesehatan yang benar-benar membutuhkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here