Penularan Covid-19 Didominasi Melalui Aerosol, dr. Corona Sarankan Upgrade Masker

50
Ketua Tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center, dr. Corona Rintawan SpEM. (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Penelitian tentang covid-19 masih dinamis, banyak penelitian menunjukkan bahwa penyebaran covid-19 saat ini didominasi oleh droplet dan aerosol.

Perbedaan keduanya adalah droplet langsung jatuh ke bawah karena gaya gravitasi, sedangkan aerosol membutuhkan waktu lebih lama untuk jatuh bisa sampai 3-5 jam.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa, penularan covid-19 lebih kuat melalui aerosol daripada droplet.

Berkaca dari kenyataan tersebut, Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Advokasi, dr. Corona Rintawan mengajak masyarakat untuk meng up grade masker. Terutama ketika berkegiatan di ruang tertutup.

“Cara mengetahui kadar ventilasi di ruangan paling mudah dengan mengetahui kadar CO2 di ruangan tersebut. Level yg direkomendasikan adalah dibawah 600 ppm dengan memakai alat PPM meter (harga sekitar 1-2jt an),” ungkapnya, dikutip dari muhammadiyah.or.id., Selasa (11/1/2022)

“Atau dengan cara paling mudah tapi subyektif yaitu jika anda merasa panas, pengap dan sesak dlm suatu ruangan maka berarti kemungkinan besar ventilasinya sangat buruk,” imbuhnya.

Terkait dengan perubahan jenis masker yang digunakan, dr. Corona menyebut hal itu dilakukan karena menyesuaikan dengan uji ilmiah dan kemampuan varian baru dari virus.

Jenis masker yang digunakan, ia merekomendasikan KN95 juga bisa digunakan, pertimbangan lain juga karena lebih murah dibanding N95. Serta pastikan jangan longgar di wajah.

Jika terpaksa berkegiatan di dalam ruangan, ia menyarankan supaya ruangan yang digunakan memiliki ventilasi yang bagus. Bisa dengan membuka jendela dan pintu, serta diusahakan untuk menghindari memakai AC.

Akan tetapi jika ruangan ber AC dan tidak memiliki ventilasi bagus, bisa menambahkan air purifier dengan patokan CADR (Clean Air Delivery Rate).

“CADR ini memastikan kecukupan kapasitas purifier untuk luas ruangan yang ada. Makin tinggi CADR makin baik,” tuturnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here