Catat! 7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Ginjal

264

Muslim Obsession – Sayangi ginjal Anda sebelum terlambat. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Apa saja?

1. Mengonsumsi terlalu banyak garam

Jika Anda memiliki asupan garam yang tinggi, ini bisa menyebabkan gagal ginjal. Garam merupakan faktor risiko tekanan darah tinggi dan tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum kedua gagal ginjal.

Jika Anda memiliki jumlah asupan garam yang berlebihan, hal itu dapat menyebabkan Anda menahan air, menahan garam, dan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang dapat merusak ginjal Anda, dan pada akhirnya dapat menyebabkan Anda menjalani dialisis atau membutuhkan transplantasi. Rata-rata orang harus mengonsumsi sekitar dua gram, atau 2.000 miligram natrium atau kurang.

2. Dehidrasi

Jika Anda memiliki kebiasaan kurang minum air putih dan mengalami dehidrasi, ini bisa menjadi kebiasaan lain yang bisa memicu penyakit ginjal. Ginjal membutuhkan pasokan air yang cukup, dan Anda harus terhidrasi dengan baik agar ginjal dapat bekerja dengan baik. Ketika Anda mengalami dehidrasi, ini menyebabkan kondisi yang disebut azotemia prerenal, yang dapat menyebabkan cedera ginjal akut dan bahkan penyakit ginjal kronis.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui jumlah asupan cairan yang cukup untuk Anda. Angka bulat bagi banyak orang adalah dari dua hingga tiga liter asupan air per hari. Tetapi jika Anda memiliki gagal jantung kongestif atau penyakit paru-paru, maka dokter Anda mungkin ingin Anda melakukan pembatasan cairan. Jadi konsultasikan dengan dokter Anda. Teh, kopi, limun, jus cranberry, minuman tersebut bukan pengganti air.

3. Sering Minum Obat Anti Nyeri

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi obat pereda nyeri tertentu, maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Obat nyeri yang saya bicarakan secara khusus adalah NSAID, obat antiinflamasi nonsteroid. Sekarang jangan salah paham. NSAID pasti ada dosisnya. Mereka adalah obat anti-inflamasi yang hebat dan jika Anda tidak memiliki penyakit ginjal dan Anda tetap terhidrasi dengan baik, maka tentu saja NSAID mungkin baik-baik saja untuk Anda.

Namun, jika Anda adalah orang yang menggunakan NSAID dan Anda sudah memiliki ginjal yang rentan, seperti jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau jika Anda mengalami dehidrasi, maka NSAID sebenarnya dapat memperburuk kesehatan ginjal Anda. NSAID termasuk obat-obatan seperti Ibuprofen, Naproxen, Celebrex, Motrin. .

Orang yang menderita sakit kronis seperti sakit punggung bawah kronis, sakit kepala kronis, migrain, radang sendi parah, atau radang sendi, mungkin berisiko mengonsumsi terlalu banyak NSAID. Dan jika Anda mengonsumsi terlalu banyak NSAID, seperti saat Anda mengonsumsi lebih dari yang ditentukan atau jika Anda memiliki ginjal yang rentan dan bahkan jika Anda mengonsumsi NSAID seperti yang diresepkan dan Anda mengalami dehidrasi, maka NSAID dapat menyebabkan sesuatu yang disebut nefropati NSAID.

Dan saya benar-benar menempatkan pasien pada dialisis karena terlalu sering menggunakan NSAID. Jadi silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Cari tahu apakah aman bagi Anda untuk mengonsumsi NSAID dan berapa banyak yang harus Anda konsumsi, karena penggunaan NSAID secara berlebihan adalah kebiasaan yang dapat merusak kesehatan ginjal Anda.

4. Alkohol

Dikutip dari situs midtownnephrology, Senin (28/6/2021) minum alkohol dapat menyebabkan hipertensi. Dan sekali lagi, hipertensi adalah salah satu penyebab utama gagal ginjal.

5. Merokok

Ketika Anda melihat faktor risiko banyak penyakit, Anda akan menemukan bahwa merokok sering masuk dalam daftar. Nah, penyakit ginjal tidak berbeda, dan merokok adalah kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak kesehatan ginjal Anda.

Ketika Anda merokok, ini dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk dan dapat menyebabkan ginjal Anda tidak mendapatkan aliran darah yang memadai, yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Juga, merokok merupakan faktor risiko untuk karsinoma sel ginjal atau kanker ginjal. Jadi merokok adalah kebiasaan buruk lain yang dapat merusak ginjal Anda.

6. Penggunaan Obat-Obatan Terlarang

Jika Anda memiliki kebiasaan konsumsi narkoba, maka ini adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ada obat-obatan tertentu khususnya, seperti kokain, heroin, dan ekstasi, juga dikenal sebagai Molly MDMA. Semua ini berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal.

Kokain sebenarnya dapat menyebabkan pembuluh darah Anda mengencang atau menyempit, dan ini dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai penyebab utama kerusakan ginjal. Jika Anda menggunakan heroin, ini juga dapat menyebabkan gagal ginjal, terutama jika heroin dicampur dengan sesuatu seperti bedak atau zat asing lainnya, yang beracun bagi ginjal.

7. Latihan Berat Berlebihan

Jika Anda berolahraga berlebihan, jika olahraga Anda terlalu berat, maka ini juga dapat menyebabkan rhabdomyolisis dengan gejala seperti otot yang sangat sakit.

Lalu jika Anda benar-benar memaksakan diri, Anda bisa benar-benar merobek otot Anda. Anda bisa mendapatkan rhabdomyolysis di mana pigmen dari dalam otot merusak ginjal Anda.

Jadi selain mengalami nyeri otot yang ekstrem, mereka mungkin benar-benar mengalami pembengkakan pada otot mereka. Urin mereka bisa berubah warna. Pasien dengan rhabdomyolysis dari olahraga berat mungkin mendapatkan urin berwarna gelap atau Coca-Cola. Dan ya, saya harus mendialisa pasien karena rhabdomyolysis dari olahraga yang terlalu berat.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here