6 Muslim Afrika yang Membawa Islam ke Tanah Amerika 

88
6 Muslim Afrika yang membawa Islam ke Amerika (Foto: MVSLIM)

Muslim Obsession – Menurut sejarah, ada banyak orang Afrika Barat yang sudah lebih dulu memeluk Islam, sebelum agama itu sendiri disebarkan ke Eropa selama kekaisaran Ottoman dan Amerika melalui orang-orang Morisco.

Dikutip dari situs MVslim, Senin (26/11/2018) dari sekian banyak orang kulit hitam, tercatat ada enam Muslim Afrika yang menyebarkan agama Islam ke Amerika.

Mereka ialah Bilali Muhammad, Ayub Job Djallo, Yarrow Mamood, Ibrahim Abdulrahman ibn Sori, Ummar bin Sayyid dan Sali Bilali.

Bilali Muhammad

Dia lahir sekitar tahun 1770 di wilayah Afrika yang hari ini dikenal sebagai Guinea dan Sierra Leole.

Bilali Muhammad adalah seorang elit suku Fulani. Dia tahu bahasa Arab dan memiliki pengetahuan dalam hadits, tafsir, dan masalah syariah.

Karena berpendidikan, dia diizinkan untuk naik status dalam komunitas budak.

Bilali Muhammad bahkan menulis 13 halaman manuskrip tentang hukum Islam dari Mazhab Maliki yang disebut Dokumen Bilali yang ia berikan kepada temannya sebelum kematiannya.

Naskah itu dianggap buku harian sampai dipecahkan oleh universitas Al-Azhar di Kairo. Kini, manuskripnya juga dikenal sebagai Ben Ali Diary atau Ben Ali Journal.

Ayuba Suleiman Diallo

Ayub Job Djallo lahir di Senegal dari keluarga Fulbe Muslim yang dihormati. Dia juga dikenal sebagai Job Ben Solomon. Dia menulis beberapa memoar dan menjadi budak di Maryland selama beberapa tahun. Dia akhirnya kembali ke rumahnya di Senegal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here