6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Apa Saja?

126

Jakarta, Muslim Obsession – Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling penting, karena dengan mata, kita bisa melihat keindahan dunia. Oleh karena itu, memelihara kesehatan mata wajib dilakukan setiap orang demi kualitas penglihatan yang senantiasa terjaga.

Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, termasuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata, Anda akan terhindar dari berbagai risiko gangguan mata. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan?

Apa saja contoh makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan mata? Berikut adalah beberapa contoh yang direkomendasikan.

1. Wortel

Rasanya tidak afdol jika membahas makanan sehat untuk mata tanpa menyebutkan wortel. Ya, sejak dulu wortel sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata.

Memangnya, apa saja nutrisi yang terdapat di dalam wortel?

Wortel mengandung beta karoten, yaitu jenis vitamin A yang membantu memelihara kesehatan retina dan fungsi mata lainnya.

Beta karoten pula yang membuat warna sayuran ini menjadi jingga. Karena fungsinya untuk kesehatan mata, wortel adalah makanan penting bagi anak dan orang dewasa.

2. Sayuran hijau

Makanan lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan mata adalah sayuran hijau. Pada sayuran hijau, terdapat lutein dan zeaxanthin, yaitu jenis antioksidan yang juga ditemukan pada jenis makanan lain. Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin.

Pada tanaman, lutein dan zeaxanthin untuk menyerap energi cahaya yang berlebihan sehingga kerusakan pada tanaman akibat paparan sinar matahari pun dapat dicegah.

Dua zat ini dapat ditemukan pada sayuran yang berwarna kuning dan merah, selain itu juga ditemukan pada sayuran hijau.

3. Buah-buahan

Tidak hanya sayur, buah juga merupakan makanan dengan sumber vitamin dan antioksidan tinggi yang baik untuk mata.

Apabila Anda ingin menjaga kualitas penglihatan Anda, buah-buahan adalah pilihan yang tepat karena mengandung vitamin A dan C yang berguna untuk kesehatan mata.

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam kelompok sitrus, dan buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C.

Anda juga bisa menemukan vitamin C pada stroberi. Vitamin ini adalah antioksidan kuat, yang membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata. Fungsinya pun sama untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Sementara itu, vitamin A pada buah juga tak kalah penting untuk memelihara kesehatan mata. Peran vitamin A adalah meningkatkan fungsi retina, kornea, serta menjaga kelembapan mata.

4. Ikan

Ikan juga termasuk dalam makanan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega-3.

Tak selamanya lemak membawa pengaruh buruk pada tubuh. Kenyataannya, asam lemak omega-3 berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mata Anda.

Manfaat dari asam lemak omega-3 di antaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memelihara sel, serta menjaga sistem saraf dalam tubuh.

Selain itu, omega-3 juga baik untuk fungsi air mata Anda, sehingga Anda terhindar dari risiko mata kering. Jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 meliputi ikan salmon, tuna, makarel, halibut, serta ikan asin.

5. Telur

Jenis makanan lain yang bermanfaat untuk kesehatan mata adalah telur. Kuning telur kaya kandungan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta seng.

Seng adalah mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan retina, serta melindungi mata Anda dari kerusakan akibat paparan cahaya berlebih.

6. Kacang dan biji-bijian

Kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang tinggi pada kacang dan biji-bijian membuatnya tergolong sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Vitamin E mampu melindungi sel-sel mata dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan. Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here