6 Kelompok Manusia yang Dicintai Allah, Anda Salah Satunya?

313
Orang yang senang berbuat baik kepada orang lain termasuk yang dicintai Allah.

Muslim Obsession – Setiap orang beriman berlomba-lomba ingin dicintai Allah ‘azza wa jalla. Oleh karenanya orang-orang beriman senantiasa melakukan kebaikan di setiap kesempatan dan keadaan.

Orang-orang yang dicintai Allah tentu saja akan mendapatkan keutamaan yang luar biasa. Ketika Allah mencintai hamba-Nya, maka orang tersebut juga akan dicintai oleh seluruh makhluk-Nya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah jika mencintai seorang hamba, Ia memanggil Jibril dan berkata kepadanya: Sesungguhnya Aku mencintai si Fulan maka cintailah ia. Lalu Jibril ikut mencintainya, kemudian berseru di langit: Sesungguhnya Allah mencintai si Fulan maka cintailah ia. Lalu penduduk langit turut mencintainya, kemudian diturunkan rasa cinta kepadanya di bumi. Dan jika Allah membenci seorang hamba, Ia memanggil Jibril dan berkata kepadanya: Sesungguhnya Aku membenci si Fulan maka bencilah ia. Lalu Jibril ikut membencinya, kemudian berseru di langit: Sesungguhnya Allah membenci si Fulan maka bencilah ia. Lalu penduduk langit turut membencinya, kemudian diturunkan rasa benci kepadanya di bumi,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Hukuman Bagi Orang yang Suka Ghibah

Pada hadits di atas, kita dapat mengetahui bahwa salah satu indikator seseorang dicintai Allah adalah ketika ia memiliki hati yang cenderung memiliki cinta untuk orang lain. Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan,

الحب في قلوب الناس، ورضاهم عنه، فتميل إليه القلوب، وترضى عنه

“Kecintaan di hati manusia (kepada orang tersebut), mereka menerimanya, condong hati mereka kepadanya dan mereka meridhainya,” (Syarah Shahih Muslim An-Nawawi).

Setidaknya ada enam kelompok manusia yang dicintai Allah subhanahu wa ta’ala. Siapa saja mereka? Semoga Anda salah satunya.

Pertama, orang yang bertakwa kepada Allah. Salah satunya ditegaskan dalam QS. Ali Imran ayat ke-76: “Sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa.”

Baca juga: Quraish Shihab: Tidak Ada Orang Masuk Surga Karena Amalnya

Kedua, orang yang berbuat baik. Hal ini Allah tegaskan dalam QS. Al-Baqarah ayat ke-195: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, Karena Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.”

Ketiga, orang yang bertaubat dan mensucikan diri. Allah subhanahu wa ta’ala terang-terangan mencintai kelompok ini. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat ke-222: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.”

Keempat, orang yang mengikuti sunnah Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam. Secara tegas Allah sampaikan dalam QS. Ali Imran ayat ke-31:

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintai dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Baca juga: Ketika Imam Syafii Membuat Jengkel Imam Malik

Kelima, orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. Allah subhanahu wa ta’ala menginformasikan hal ini melalui QS. Ali Imran ayat ke-159:

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.”

Dan keenam, Allah mencintai orang-orang yang adil. Melalui QS. Al-Maidah ayat ke-24 Allah berfirman: “Dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah (perkara itu) diantara mereka dengan adil, Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.”

Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here