6 Jenis Makanan Sehat untuk Pengidap Diabetes

81
Alpukat, buah enak yang ramah bagi pengidap diabetes.

Muslim Obsession – Menentukan jenis makanan yang baik untuk pengidap diabetes sebenarnya tidak sulit. Hanya saja perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi harus bisa membantu menjaga kadar gula darah.

Selain itu, juga perlu mengonsumsi makanan yang bisa membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung.

Mengutip Halodoc, pada dasarnya, pola makan yang dianjurkan untuk pengidap diabetes adalah rendah karbohidrat, rendah gula, dan kaya akan serat, makronutrien yang memperlambat pencernaan, seperti lemak dan protein sehat, serta kaya rasa.

Nah, berdasarkan pola makan tersebut, berikut ini makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2:

Ikan Berlemak

Salmon, sarden herring, teri, dan mackerel adalah jenis ikan berlemak yang baik untuk pengidap diabetes. Hal itu karena makanan laut tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mengonsumsi lemak sehat ini dalam jumlah yang cukup secara teratur bisa mengurangi risiko pengidap diabetes untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, ikan berlemak tersebut juga merupakan sumber protein yang luar biasa yang penting untuk menjaga gula darah.

BACA JUGA: Yuk Berjemur! Kurang Vitamin D Rentan Terkena Diabetes, Lho!

Bayam

Sayuran hijau, seperti bayam, adalah pilihan sayuran non-tepung yang baik untuk pengidap diabetes. Hal itu karena bayam mengandung lutein, nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Nutrisi tersebut penting bagi pengidap diabetes, mengingat risiko mereka untuk mengalami kebutaan lebih besar daripada mereka yang tidak mengidap diabetes.

Buah Beri

Sedang ingin makan makanan manis? Mengidap diabetes bukan berarti tidak bisa makan manis kok. Hanya saja perlu memilih pemanis yang aman bagi kondisi kesehatan.

Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry bisa menjadi pilihan camilan yang baik ketika kamu sedang ngidam makanan manis. Buah-buahan beri tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dianggap aman bagi pengidap diabetes.

Selain itu, kombinasi kandungan gula yang rendah dan serat yang tinggi juga membuat buah ini ramah diabetes karena meningkatkan gula darah secara bertahap.

BACA JUGA: Diabetes Selama Kehamilan Rentan dengan Risiko Penyakit Jantung

Greek Yoghurt

Untuk sarapan, greek yoghurt bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk pengidap diabetes. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan protein yang merupakan kombinasi sempurna untuk membantu mengontrol tingkat rasa lapar dan gula darah.

Dibanding yoghurt biasa, yoghurt Yunani mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

Alpukat

Selain buah beri, alpukat juga merupakan buah enak yang ramah bagi pengidap diabetes. Buah berlemak ini hanya memiliki kurang dari 1 gram gula dan sedikit karbohidrat, sehingga tidak perlu khawatir mengonsumsinya akan menaikkan gula darah.

Selain itu, kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi pada alpukat juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat serta mencegah lonjakan gula darah.

BACA JUGA: Kebanyakan Makan Telur Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Sebagai bonus tambahan, alpukat diketahui juga bisa menurunkan berat badan dan indeks massa tubuh secara signifikan. Dengan begitu, alpukat bisa menjadi camilan ideal bagi pengidap diabetes, karena bisa mencegah obesitas yang meningkatkan kemungkinan diabetes.

Kacang Almond Mentah

Almond juga merupakan camilan yang baik untuk pengidap diabetes. Selain tidak meningkatkan kadar gula darah, kacang ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Nutrisi tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here