6 Jenis Hewan yang Memiliki Sejarah Bersama Para Nabi

819

Jakarta, Muslim Obsession – Banyak nama-nama hewan yang diabadikan ceritanya dalam Al-Quran. Hewan itu diabadikan ceritanya karena pernah bersinggungan langsung dengan para Nabi dan Rasul. Tentu setiap cerita dari sejarah dalam Al-Quran menyimpan makna tersendiri.

Berikut setidaknya ada enam jenis hewan yang tercatat dalam sejarah Islam:

1. Gajah

Hewan bertubuh besar ini diabadikan dalam Al-Qur’an yakni Surah Al-Fil yang berarti Gajah. Surah tersebut mengisahkan tentang pasukan bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, seorang pemimpin yang bengis dan tidak mau menyembah Allah.

Serbuan pasukan bergajah itu ingin menghancurkan Kakbah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim as. Namun, Allah Swt melindungi Kakbah dari kekejaman pasukan itu dengan mendatangkan Burung-Burung yang melempari mereka dengan batu panas dari neraka.

2. Semut

Pada zaman Nabi Sulaiman. Dikisahkan Semut ketakutan karena kedatangan pasukan dari nabi yang dapat berbicara dengan hewan tersebut. Ketika Nabi Sulaiman hendak melewati sarangnya, pemimpin Semut memerintahkan anak buahnya untuk bersembunyi di lubang yang mereka buat.

Karena mendengar intruksi dari pemimpin Semut itu, Nabi Sulaiman memerintahkan kepada pasukannya agar berhenti sejenak menunggu Semut-Semut itu menyelamatkan diri.

Kisah ini memperlihatkan bagamana Nabi Sulaiman memiliki mukjizat dapat berbicara dengan hewan.

3. Paus

Binatang laut ini memiliki tubuh yang sangat besar. Bahkan, dikisahkan Nabi Yunus as pernah ditelannya dan masuk ke dalam perut raksasanya selama 40 hari. Karena kekuasaan Allah, Nabi Yunus as selamat dan berhasil keluar dari perut ikan Paus tersebut.

4. Burung Hud-hud

Kembali ke masa Nabi Sulaiman, Burung hud-hud tercatat pernah terlibat dalam dakwah sang Nabi. Burung ini sejenis pelatuk tetapi memiliki kecerdasan dan kejernihan berfikir hingga ia membantu penyebaran ajaran Nabi Sulaiman.

5. Kambing

Hewan ini adalah yang dipilih Allah ketika Ia memerintahkan Nabi Ibrahim menyembelih putranya Nabi Ismail. Sebagai bentuk ketakwaan kedua nabi itu, mereka melaksanakan perintah Allah yang tentu sangat berat untuk dilakukan manusia biasa. Namun, berkat ketakwaan itu pula, Nabi Ismail atas izin Allah diganti dengan seekor Kambing, dan inilah sejarah disyariatkannya kurban.

6. Laba-laba

Binatang berkaki delapan ini pernah menyelamatkan Nabi Muhammad saw ketika bersembunyi di sebuah gua untuk menghindari kaum kafir yang hendak mencelakainya. Dengan cepat, Laba-laba itu membuat sarang di mulut gua sehingga mampu mengelabui kaum kafir ketika sampai di mulut gua tempat Nabi Muhammad bersembunyi.

Itulah, beberapa hewan lintas generasi yang tercatat memiliki andil besar terhadap kemajuan Islam di muka bumi. Semoga, kita semua selalu hidup berdampingan dan menyayangi seluruh binatang yang ada.
(Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here