6 Fakta yang Jarang Diketahui Tentang Monas

557
Monas 2
Monumen Nasional (Monas). (Foto: siloka)

Jakarta, Muslim Obsession – Mendengar kata Monumen Nasional (Monas) tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terlebih bagi warga Jakarta. Monas bukan hanya menjadi ikon kota Jakarta dan tempat wisata, lebih dari itu Monas juga perwujudan dari simbol jati diri bangsa.

Dengan bentuk yang khas dan luar area sampai 80 hektar, Monas juga memiliki peran penting sebagai ruang terbuka hijau di pusat Jakarta. Dalam beberapa kesempatan Monas pun sudah menjadi tempat perhelatan berbagai acara penting dan akbar untuk negara.

Berbicara soal Monas banyak fakta-fakta menarik yang belum diketahui banyak orang. Kami merangkumnya menjadi enam fakta.

1. Pembangunan Sempat Ditentang

Dibangun pada 17 Agustus 1961. Pembangunan Monas ternyata sempat ditentang oleh berbagai kalangan, khususnya mahasiswa. Alasannya cukup sederhana Pemerintahan Presiden Sukarno waktu itu dianggap telah melakukan pemborosan dengan membangun Monas.

Tinggi Monas yang 132 meter itu merupakan salah satu proyek mercusuar Presiden Soekarno, selain Gelora Bung Karno dan banyak tugu lainnya. Meski sempat ditolak karena Indonesia lebih banyak membutuhkan pembangunan infrastruktur pasca kemerdekaan, akhirnya pada 12 Juli 1975, Monas dibuka untuk umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here