Banyak Makan Buah dan Sayuran Bisa Kurangi Stres, Lho!

77
Sayur dan Buah Pencegah Kanker Kolorektal (Foto: AskMen)

Muslim Obsession – Makan makanan yang kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan berkurangnya stres, demikian menurut penelitian baru dari Edith Cowan University (ECU).

Studi tersebut meneliti hubungan antara asupan buah dan sayuran dan tingkat stres lebih dari 8.600 warga Australia berusia antara 25 dan 91 tahun yang berpartisipasi dalam Studi Diabetes, Obesitas dan Gaya Hidup Australia (AusDiab) dari Baker Heart and Diabetes Institute.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Clinical Nutrition mengungkapkan orang yang makan setidaknya 470 gram buah dan sayuran setiap hari memiliki tingkat stres 10 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 230 gram.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya 400 gram buah dan sayuran per hari.

Peneliti utama, kandidat PhD Simone Radavelli-Bagatini dari ECU’s Institute for Nutrition Research, mengatakan studi tersebut memperkuat hubungan antara diet kaya buah dan sayuran dan kesejahteraan mental.

“Kami menemukan bahwa orang-orang yang memiliki asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi tidak mengalami stres dibandingkan mereka yang asupannya lebih rendah, yang menunjukkan bahwa diet memainkan peran kunci dalam kesejahteraan mental,” kata Radavelli-Bagatini, dilansir Siasat, Kamis (27/5/2021).

Kondisi kesehatan mental merupakan masalah yang meningkat di Australia dan di seluruh dunia. Sekitar satu dari dua orang Australia akan mengalami masalah kesehatan mental dalam hidup mereka. Secara global, sekitar 1 dari 10 orang hidup dengan gangguan kesehatan mental.

Menurut Radavelli-Bagatini, beberapa stres dianggap normal, tetapi paparan jangka panjang dapat memengaruhi kesehatan mental secara signifikan.

“Stres jangka panjang dan tidak terkelola dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, diabetes, depresi dan kecemasan sehingga kami perlu menemukan cara untuk mencegah dan mungkin meringankan masalah kesehatan mental di masa depan,” ujar Radavelli-Bagatini.

Baca Juga: Catat! Ini Jenis Buah yang Mengandung Gula Paling Tinggi dan Rendah

Manfaat diet sehat sudah diketahui dengan baik, tetapi hanya 1 dari 2 orang Australia yang mengonsumsi dua porsi buah yang direkomendasikan per hari dan kurang dari 1 dari 10 mengonsumsi lima porsi sayuran yang direkomendasikan setiap hari.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara konsumsi buah dan sayur dan stres pada orang dewasa muda, tetapi ini adalah pertama kalinya kami melihat hasil yang sama pada orang dewasa dari segala usia,” ungkap Radavelli-Bagatini.

Penemuan studi tersebut menekankan bahwa penting bagi orang-orang untuk memiliki pola makan yang kaya buah dan sayuran untuk meminimalkan stres.

Sementara mekanisme di balik bagaimana konsumsi buah dan sayur memengaruhi stres masih belum jelas, Radavelli-Bagatini mengatakan nutrisi utama bisa menjadi faktor.

“Sayur dan buah-buahan mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, flavonoid dan karotenoid yang dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, sehingga meningkatkan kesehatan mental,” ucapnya.

Peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh adalah faktor-faktor yang dikenali yang dapat menyebabkan peningkatan stres, kecemasan, dan suasana hati yang lebih rendah.

Temuan ini mendorong lebih banyak penelitian tentang diet dan khususnya buah dan sayuran apa yang memberikan manfaat paling banyak untuk kesehatan mental.

Penelitian ini merupakan bagian dari Institute for Nutrition Research ECU yang baru-baru ini diluncurkan, yang bertujuan untuk menyelidiki bagaimana nutrisi dapat membantu mencegah dan mengobati kondisi kesehatan kronis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here