Ini Lho! Gejala dan Penyebab Gigi jadi Hitam

163

Muslim Obsession – Gigi hitam bisa menjadi tanda kerusakan atau gigi berlubang yang harus ditangani sesegera mungkin.

Namun, gigi hitam juga bisa disebabkan oleh noda. Makanan dan minuman tertentu dapat meninggalkan sedikit pigmen, hingga menyebabkan gigi menjadi hitam.

Warna gigi disebabkan oleh tingginya jumlah kalsium yang ditemukan di lapisan luar gigi, yang dikenal sebagai email.

Seiring waktu, elemen tambahan yang tertinggal oleh makanan dan minuman dapat mulai membuat gigi menjadi kuning atau abu-abu. Namun, jika gigi menjadi hitam, seseorang harus mengunjungi dokter gigi sesegera mungkin.

Apa penyebab gigi hitam?

Gigi menjadi hitam karena penyebab ekstrinsik atau intrinsik. Penyebab ekstrinsik gigi yang menghitam berasal dari bagian luar gigi, seperti: kerusakan enamel, noda dan penumpukan karang gigi.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik Agar Mata Sehat

Beberapa penyebab langsungnya meliputi: sering makan atau minum produk makanan gelap, seperti kopi, minum obat tertentu, seperti suplemen zat besi cair, menggunakan obat kumur dan pasta gigi tertentu, menggunakan tembakau, memiliki mahkota dan tambalan yang dibuat dengan perak sulfida

Sedangkan penyebab intrinsiknya, seperti dilansir Medical News Today, Selasa (27/4/2021), gigi mungkin tampak hitam saat rusak dari dalam.

Penyebab paling umum dari gigi hitam dalam kasus ini adalah kerusakan atau gigi berlubang. Misalnya, infeksi pulpa atau gigi mati dapat membuat gigi menjadi hitam.

Kerusakan dimulai dari dalam dan terus berlanjut hingga ke permukaan. Warna hitam pada gigi mungkin pertama kali muncul di bintik-bintik dan akhirnya menutupi seluruh gigi jika tidak ditangani.

Gejala

Tidaklah normal jika gigi berubah dengan cepat dari warna putih menjadi hitam. Seseorang biasanya akan melihat beberapa tanda lain sebelum giginya mulai menjadi hitam.

Dalam beberapa kasus, bercak mungkin tampak coklat atau abu-abu. Seiring waktu, bintik coklat bisa berubah menjadi hitam.

Di lain waktu, gigi mungkin mengembangkan titik-titik kecil yang tampak hitam. Titik-titik kecil ini sering muncul di dekat garis gusi, yang sering terjadi pada anak-anak yang memiliki gigi hitam.

Ketika karang gigi adalah penyebabnya, seseorang mungkin akan melihat warna hitam di bagian luar gigi geraham atau bagian dalam gigi depan.

Ini akan terus menumpuk jika noda tidak dihilangkan. Dalam kasus ini, lubang mungkin muncul saat email terkikis.

Orang yang khawatir tentang berkembangnya gigi hitam harus menghindari memasukkan benda-benda tertentu ke dalam mulut mereka. Mereka juga harus memastikan untuk menjaga kebersihan gigi setelah makan.

Selain itu, mereka mungkin disarankan menghindari atau mengurangi konsumsi kopi,, soda, teh hitam, anggur merah dan produk tembakau.

Kebersihan gigi yang baik seringkali dapat melindungi dari potensi penyebab ekstrinsik gigi hitam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here