5 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Berkualitas

418

Muslim Obsession – Tahukah Anda, daging kurban bisa disimpan dan tahan lama lebih dari 1 tahun di dalam freezer alias dibekukan. Tapi apakah sekedar diletakkan begitu saja atau ada aturan lain?

Nanung Danar Dono, Ph.D. selaku Direktur Halal Research Centre di Fakultas Peternakan UGM, merilis tips penyimpanan daging kurban agar terjaga kualitasnya.

Berikut lima tips menyimpan daging agar tetap terjaga kualitasnya, seperti dilansir Halal Corner, Selasa (6/8/2019):

1. Ketika akan menyimpan, daging kurban tidak perlu dicuci. Jika dicuci pakai air kran, justru menyebabkan kontaminasi yang memungkinkan kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori2 daging. Kondisi tersebut bisa merusak kualitas daging. Mencuci daging sebaiknya dilakukan hanya ketika akan daging sudah siap dimasak.

2. Jika mendapatkan pembagian daging cukup banyak, maka jangan menyimpannya secara utuh di dalam freezer. Cara yg benar, potonglah daging menjadi ukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam ukuran kecil seukuran kita biasanya sekali masak. Misalnya dalam porsi setengah atau per 1 kg.

Jadi ketika ingin memasaknya, Anda cukup mengambil 1 kantong sesuai kebutuhan memasak saat itu saja tidak mengganggu kemasan lainnya. Daging yang lain tetap di freezer. Insya Allah daging dalam keadaan beku tanpa kontaminasi tersebut dapat disimpan mencapai 1 tahun.

3. Jika menyimpan daging dalam kemasan plastik, maka usahakam agar daging berkontak dengan udara sesedikit mungkin, dengan cara menggunakan vacuum. Jika tidak memiliki vacuum silakan mencoba cara tradisional seperti ini: Masukkan daging ke dalam kantong plastik, lalu perlahan turunkan kantong daging tersebut ke dalam baskom/ember berisi air. Udara di dalam kantong plastik perlahan akan terdorong keluar (ke atas). Setelah udara di dalam kantong plastik habis, maka plastik segera dikemas rapat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here