5 Tips Agar Otot Tidak Kaku Karena Terlalu Lama Duduk

78

Muslim Obsession – Duduk di rumah atau di depan meja kerja dalam waktu lama, seringkali dalam posisi yang tidak nyaman, dapat menyebabkan otot menjadi kaku.

Berikut adalah tips mudah untuk mengurangi kekakuan otot dan rasa sakit serta ketidaknyamanan yang menyertainya.

Peregangan

Setiap hari lakukanlah peregangan yang dapat membantu Anda memastikan bahwa otot-otot yang ada di setiap sisi sendi Anda memiliki tarikan yang sama untuk memungkinkan sendi Anda bergerak bebas tanpa kesulitan.

“Peregangan juga dapat memperkuat persendian dan membantu Anda mengurangi kekakuan,” kata Dr Gautam Zaveri, Spesialis Bedah Tulang Belakang, Rumah Sakit Multispeciality Zen, Chembur, dikutip dari Gulf Today, Selasa (19/5/2020).

Cardio

Cardio merupakan latihan kekuatan seperti berenang, berjalan, dan yoga. Dalam yoga, pose kucing dan sapi, dan peregangan kobra dapat membantu melenturkan otot. Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga dapat membuat Anda tetap bugar. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menjaga Anda dari masalah kesehatan.

Pilates

Pilates dapat membantu otot Anda menjadi fleksibel. Karena latihan ini melibatkan latihan yang lambat dan terkontrol untuk seluruh tubuh Anda. Pegangan statis dan peregangan dinamis dapat meningkatkan fleksibilitas. Hindari berlebihan dan segera berhenti jika Anda merasa sakit.

Diet seimbang

Diet seimbang yang tepat dapat membantu otot Anda. Termasuk menjaga asupan protein pasca-olahraga sebagai bagian dari diet seimbang adalah langkah yang baik. Ketika kolagen, yang dibuat dari bahan pembangun protein, dikombinasikan dengan Vitamin C, mungkin membantu mengurangi nyeri sendi, mendukung tendon dan membantu pemulihan dan mengurangi nyeri otot.

Mandi air hangat

Mandilah dengan air hangat. Salah satu hal yang harus Anda atasi dalam peregangan dan peningkatan fleksibilitas adalah respons perlindungan alami otot. Jadi, jika Anda bisa mengendurkan otot-otot melalui mandi air, Anda berpotensi mendapatkan lebih banyak dari peregangan karena Anda mulai dengan otot-otot yang bagus, hangat, dan santai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here