5 Pebulu Tangkis Muslim Indonesia yang Pernah Sabet Juara Dunia

75

Jakarta, Muslim Obsession – Indonesia adalah gudangnya para pemain bulu tangkis hebat. Banyak atlet-atlet nasional yang mampu mengharumkan nama baik bangsa dengan menyabet beberapa juara dunia. Termasuk dari mereka adalah seorang muslim sejati.

Setidaknya, pebulu tangkis Tanah Air pernah menyabet 22 gelar juara dunia dari lima nomor yang dipertandingkan. Dari 22 gelar itu, lima di antaranya diraih oleh pebulu tangkis Muslim Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut lima pebulu tangkis Muslim Tanah Air yang sabet gelar juara dunia.

1. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan bukanlah pebulu tangkis Muslim pertama yang menjadi juara dunia. Namun, dia adalah peraih gelar juara terbanyak di antara yang lain. Sebab, pebulu tangkis berusia 33 tahun itu sudah menjadi juara dunia sebanyak tiga kali.

Gelar tersebut pertama kali diraih Mohammad Ahsan pada 2013, berpasangan dengan Hendra Setiawan. Duet yang dijuluki The Daddies itu kemudian tampil sebagai juara dunia pada 2015 dan 2019. Peluang menambah gelar juara pun terbuka untuk Ahsan.

2. Ricky Subagja

Ricky Subagja juga pernah meraih gelar juara dunia di nomor ganda putra. Dia berpasangan dengan Rudy Gunawan pada 1993. Prestasi cemerlang itu berhasil diulangi Ricky pada Kejuaraan Dunia 1995.

Hebatnya, Ricky Subagja menjadi juara dunia secara beruntun dengan pasangan berbeda. Kali ini, tandemnya adalah Rexy Mainaky.

3. Taufik Hidayat

Nama Taufik Hidayat juga masuk daftar ini. Gelar bergengsi itu diraih Taufik Hidayat pada Kejuaraan Dunia BWF 2005 di Anaheim, Amerika Serikat (AS).

Dalam perjalanan meraih gelar tersebut, Taufik Hidayat melewati dua orang calon bintang tunggal putra, yakni Lee Chong Wei (semifinal) dan Lin Dan (final). Di final, Taufik mengandaskan perlawanan Lin Dan dengan relatif mudah, yakni 15-3 dan 15-7.

4. Icuk Sugiarto

Berikutnya, ada nama Icuk Sugiarto. Dia merupakan pebulu tangkis Muslim pertama Indonesia yang menjadi juara dunia. Ayah dari Tommy Sugiarto itu meraih juara dunia pada 1983.

Pada laga final, Icuk memenangi duel melawan rekan senegara, Liem Swie King, dengan skor 15-8, 12-15, dan 17-16. Perjuangan Icuk Sugiarto terhitung berat.

Dia harus menyingkirkan unggulan saat itu, Morten Frost (Denmark) di babak perempatfinal dan melawan andalan India, Prakash Padukone, di semifinal.

5. Joko Suprianto

Di urutan kelima, ada nama Joko Suprianto. Dia menyabet gelar juara itu pada gelaran Kejuaran Dunia 1993.

Untuk menyabet gelar juara, Joko pun harus menghadapi perang saudara di babak final, dengan menghadapi Hermawan Susanto.

Sebelum di babak final, dia juga harus melewati perang saudara di babak semifinal dengan menyisihkan Ardy B Wiranata. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here