5 Negara dengan Penduduk Lansia Tersehat, Indonesia Masuk?

927
Lansia Tersehat (Foto: Konilife)

Muslim Obsession – Usia yang menua yang dialami para lansia identik dengan kondisi fisik yang menurun.

Apalagi jika semasa usia produktif pola hidup sehat tidak diterapkan, kemungkinan besar masa tua Anda akan dihantui penyakit kronis seperti penyakit jantung, pembuluh darah, dan hipertensi hingga yang terburuknya adalah kanker.

Meski demikian, ada juga beberapa negara yang penduduk lansianya hidup dengan sehat. Kabar bahagianya lagi, 3 di antaranya adalah negara dari benua Asia! Nah, adapun negara sehat yang bisa Anda jadikan inspirasi adalah sebagai berikut:

  1. Swiss

Dilansir dari Reader’s Digest, para lansia di Swiss termasuk yang paling sehat di antara negara lainnya. Ketika di negara lain warganya sudah mengalami penyakit kronis sebelum genap berusia 65 tahun, warga negara Swiss yang usianya di atas 76 tahun baru memiliki tanda-tanda kesehatan yang tidak baik dan jumlahnya pun tidak besar.

Mengapa bisa begitu? Alasannya, negara ini memiliki layanan kesehatan kelas dunia dan skor Indeks Akses dan Kualitas Kesehatan (HAQ) yang hampir sempurna, yaitu 95,5 dari 100. HAQ itu sendiri mengukur akses warga negara ke layanan kesehatan berkualitas tinggi untuk menyelamatkan jiwanya.

Lebih dari itu, Swiss juga masuk ke dalam peringkat 5 besar negara paling bahagia bersama dengan negara Nordik lainnya, seperti Finlandia, Norwegia, Islandia, dan Denmark. Dengan demikian, kesehatan lansia di Swiss didominasi oleh optimisme serta kebahagiaan.

  1. Singapura

Ucapkan selamat pada negara tetangga, Singapura! Negara kecil yang kerap dikunjungi oleh para pelancong dari Indonesia ini juga memiliki lansia yang sehat. Karena umumnya sebelum berusia 76 tahun, masyarakat Singapura masih dalam keadaaan prima.

Bahkan, Singapura dan Swiss pun mampu mengalahkan negara adidaya Amerika Serikat yang batas kesehatan lansianya hanya di angka 68 tahun. Sama seperti Swiss, perawatan kesehatan di Singapura sangat baik. Pemerintah Singapura juga memudahkan penduduknya dalam mengakses instansi kesehatan.

Selain itu, makanan sehat mudah didapatkan dan harganya mudah. Satu hal yang menarik dari negara ini adalah dibuatnya tantangan bagi para lansia agar tetap aktif bergerak. Atas partisipasi warga lansia, pemerintah memberikan apresiasi kepada warganya yang berhasil meningkatkan aktivitas fisik dengan sejumlah hadiah. Seru, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here