5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Salah Satunya Baik untuk Kulit

46
Minum air putih yang cukup dapat menjaga kesehatan.

Muslim Obsession – Minum air putih sangat penting untuk banyak proses tubuh. Termasuk mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, dan melumasi sendi.

Jika seseorang mengganti minuman pagi mereka dengan air putih, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan terkait peningkatan konsumsi air.

Dikutip dari Medical News Today, Rabu (21/7/2021) ada beberapa manfaat kesehatan dari minum air putih.

1. Untuk menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Misalnya, sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda.

Minumlah air sebelum makan utama, termasuk sarapan. Sebuah studi dari tahun 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter (ml) air sebelum makan selama 12 minggu.

Para peneliti sebagian mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

Sebuah studi yang lebih awal dari 2013 melibatkan asupan air dari 50 anak perempuan, dengan indeks massa tubuh 25 hingga 29,9, bersama dengan diet bergizi. Ditemukan bahwa berat badan mereka menurun setelah mereka meningkatkan asupan air menjadi 500 ml, tiga kali sehari, selama 8 minggu. Peserta meminum air tersebut sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

Para peneliti mengaitkan penurunan berat badan dengan termogenesis yang diinduksi air.

Namun, studi ini tidak dapat secara pasti mengklaim bahwa hanya asupan air yang menyebabkan penurunan berat badan.

Selain itu, hasilnya tidak berarti bahwa minum air putih secara khusus di pagi hari menawarkan efek penurunan berat badan.

2. Untuk kinerja mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental – bahkan dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kognisi, menurut sebuah studi 2016.

Sebuah tinjauan 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari.

Studi 2019 lainnya pada mahasiswa laki-laki menemukan bahwa dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Memori dan perhatian jangka pendek meningkat setelah para peserta kembali terhidrasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

3. Meningkatkan suasana hati

Minum air juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang yang biasanya minum air dalam jumlah sedikit memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ketika individu – yang biasanya minum air dalam jumlah besar – mengurangi asupan air mereka, mereka mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan kepuasan, dan pengurangan ketenangan dan emosi positif.

Sebuah studi tahun 2019 juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif, sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan gejala kelelahan.

Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

4. Untuk kesehatan kulit

Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Kulit mengandung sekitar 30% air, yang membantu kulit tetap lembut, meningkatkan elastisitas dan ketahanannya.

Sebuah studi dari 2015 menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin memiliki efek positif pada fisiologi kulit – tampaknya lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

Sebuah tinjauan 2018 menemukan bahwa peningkatan asupan air dapat meningkatkan hidrasi lapisan luar kulit. Namun, para peneliti mencatat bahwa tidak jelas apakah ini akan bermanfaat bagi orang dewasa yang lebih tua.

Namun, bahkan hidrasi kulit yang memadai mungkin tidak cukup untuk mencegah kerutan atau mengimbangi efek matahari, genetika, atau lingkungan.

Oleh karena itu, minum air sepanjang hari dapat membantu seseorang terhidrasi.

5. Untuk fungsi tubuh lainnya

Asupan air yang cukup juga penting dalam banyak fungsi tubuh.

Ginjal: Minum air dapat membantu ginjal membuang air limbah dari tubuh.

Saluran kemih: Menurut sebuah penelitian yang lebih tua dari 2010, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu ada di saluran kemih.

Sistem kardiovaskular: Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai secara negatif mempengaruhi regulasi tekanan darah dan fungsi pembuluh darah.

Sendi dan tulang: Air adalah komponen cairan pelumas di sekitar sendi, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here