5 Keutamaan Surat Ar Rahman, Nomor Terakhir Paling Menajubkan

1260

Jakarta, Muslim Obsession – Setiap surat yang ada di Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang bisa membuat hati manusia lebih tenang, lebih banyak bersyukur dan memperkuat iman. Surat Ar Rahman misalnya, surat ini sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia karena kerap dibaca setiap harinya.

Surat ini memiliki arti Allah Yang Maha Pemurah dan memiliki 7 keutamaan bagi umat Muslim. Terdiri dari 78 ayat ini Ar Rahman berisi pemberitahuan tentang nikmat-nikmat Allah yang mengagumkan. Bahkan di dalamnya juga berisi tentang rahmat Allah SWT yang nyata di dunia dan akhirat.

Makna dari surat ini tentunya bisa memotivasi para Muslim untuk semakin beriman kepada Allah. Bahkan, salah satu penggalan ayat dari surah Ar Rahman ada yang diulang hingga 31 kali karena artinya yang maha dasyat.

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban
Artinya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Berikut 5 keutamaan dari surah Ar Rahman yang wajib kamu ketahui:

1. Tingkatkan keimanan

Kata “Ar Rahman” membantu setiap pembacanya untuk selau memuji Allah yang Maha Pemurah sekaligus untuk meningkatkan keimanan, sebaiknya baca surat Ar Rahman Arab beserta dengan artinya.

2. Mendapat Ridha Allah

Secara ringkas, isi dari penjabaran surat Ar Rahman adalah menjelaskan segala nikmat Allah yang sangat banyak terhadap makhluknya. Sehingga mengingatkan seseorang untuk selalu memiliki sifat yang penuh kasih sayang pada Allah dan makhluknya.

Bagi sesorang yang rutin membaca surat Ar Rahman disebutkan bahwa Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.

3. Mensyukuri nikmat

Pengulangan ayat fa bi ayyai ala i rabbikuma tukazziban (Surat Ar Rahman Latin) yang artinya Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Tentu menjadi pengingat diri bahwa ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan.

Ketika seorabg sedang merasa terpuruk, patut mengingat betapa banyak nikmat Tuhan yang diabaikan atau tidak disyukuri. Bernapas juga termasuk dalam nikmat Allah yang harus disyukuri.

4. Matinya orang yang membaca Ar Rahman seperti Syahid

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

5. Mendapat Syafaat di hari Kiamat

Kalau seseorang yang selalu membaca surat Ar Rahman ketika bangun malam atau pun setelah shalat, Allah akan membuatmu berjumpa dengannya di hari kiamat dengan wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here