5 Jenis Sarapan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

112
Sakit Perut (Foto: Hello Sehat)

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi penderita penyakit asam lambung seperti maag atau GERD (gastroesophageal reflux disease), menjaga makanan menjadi salah satu syarat agar lambung tetap dalam keadaan sehat. Sebab, jika salah konsumi makan bisa berakibat asam lambung naik.

Terdapat beberapa jenis sarapan yang harus dihindari penderita asam lambung. Makanan-makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena dapat menimbulkan sejumlah gejala kenaikan asam lambung seperti sensasi terbakar, serdawa, dan sakit perut.

Berikut sarapan yang harus dihindari orang dengan asam lambung.

1. Roti dan selai

Selai kacang termasuk jenis makanan yang tinggi lemak. Jika Anda mengonsumsi selai kacang dengan roti panggang setiap pagi, sama dengan memasukkan sejumlah besar lemak jenuh yang berkontribusi terhadap keasaman dan rasa mulas.

Selain itu, secara umum selai dan jeli memiliki pH 5,5 yang berarti buruk untuk asam lambung. Perpaduan selai dan roti juga dapat meningkatkan gas di perut.

Sebaiknya, makanlah buah seperti stroberi atau pisang sebagai pengganti roti dan selai di pagi hari.

2. Telur orak-arik

Telur berada di urutan teratas dalam daftar makanan yang paling banyak menyebabkan alergi. Alergi juga dapat berkontribusi pada kenaikan asam lambung.

Orang dengan masalah lambung yang ekstrem, disarankan tetap mengonsumsi putih telur dan melewatkan kuningnya.

3. Tomat

Tomat adalah jenis sarapan yang harus dihindari penderita asam lambung. Konsumsi tomat saat sarapan dapat membuat Anda mengalami refluks asam karena buah ini bersifat sangat asam.

Keasaman tomat meningkat terutama saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

4. Kue dan brownies

Menikmati secangkir teh atau kopi dengan kue atau brownies favorit untuk sarapan adalah hal yang menyenangkan. Tetapi, bahan yang tercampur di dalamnya bisa membuat tingkat keasaman di perut Anda meningkat.

Susu dan kafein dari teh atau kopi digabungkan dengan tepung dan gula halus dari kue dan brownies, menyebabkan keasaman. Kue dan brownies yang dibeli di toko juga memiliki aditif, rasa dan pengawet buatan yang memperburuk keadaan lambung.

5. Hot dog

Hot dog adalah pilihan sarapan yang populer terutama karena mudah dibawa saat bepergian. Tapi, makanan ini bisa meningkatkan tingkat keasaman di lambung Anda.

Hot Dog mengandung sosis yang sulit dicerna, dapat memperlambat metabolisme Anda, dan menyebabkan refluks asam dengan meningkatkan pembentukan asam di perut.

Itulah 5 sarapan yang harus dihindari orang dengan asam lambung. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here