5 Gejala Virus Corona yang Harus Anda Tahu

520
Mendeteksi suhu tubuh. (Foto: AFP)

Muslim Obsession – Warga Indonesia kini dilanda kekhawatiran setelah Presiden Jokowi mengumumkan secara resmi bahwa ada dua WNI di Depok Jawa Barat yang terjangkit virus corona, Senin (2/3/2020).

Untuk mengantisipasi dan mencegah virus corona, maka sebaiknya kita harus mengetahui gejala dari virus tersebut.

Berikut adalah gejala virus corona seperti dikutip dari John Hopkins Medicine dan Aljazeera.

1. Mirip dengan Flu

Gejala virus corona memang mirip dengan flu. Seseorang yang terinfeksi virus corona biasanya akan menunjukkan gejala awal yaitu demam, batuk, nyeri pada tubuh, kelelahan, hingga muntah dan diare.

Namun, gejala awal ini tidak selalu parah. Bisa juga hanya gejala ringan. Yang pasti agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain, jika sudah mengalami batuk atau bersin-bersin, segera gunakan masker.

2. Pneumonia

Pneumonia terjadi karena kantung udara dalam paru-paru terkena infeksi. Di Indonesia, penyakit ini dikenal dengan nama paru-paru basah.

Biasanya orang yang terjangkit pneumonia memiliki gejala berupa batuk berdahak, demam menggigil, hingga kesulitan bernapas.

Dalam kasus infeksi virus corona, seseorang bisa memiliki gejala yang sama persis dengan pneumonia. Disarankan jika ada tanda-tanda seperti ini untuk segera ke Rumah Sakit terdekat.

3. Gejala Mulai Terlihat Sejak Hari 1-14

Dikutip dari Aljazeera, biasanya jarak antara infeksi dengan gejala virus corona timbul mulai dari hari pertama hingga hari ke-14. Namun, kebanyakan orang yang terinfeksi menunjukkan gejala pada hari ke-5 atau ke-6.

4. Tidak Ada Gejala

Meski demikian, orang yang terinfeksi virus corona bisa juga tak memperlihatkan gejala sama sekali.

Padahal, virus tersebut telah bersarang dalam sistem. Oleh karena itu, biasanya perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau perkembangan virus ini.

5. Bisa Sembuh

Meski bisa menyebabkan kematian, namun virus corona bisa disembuhkan. Duta besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bahwa sebanyak 632 warga China yang terjangkit virus corona berhasil sembuh.

“Sampai pukul 24.00 pada tanggal 3 Februari, Komisi Kesehatan Nasional telah menerima 20.438 laporan kasus yang dikonfirmasi terjangkit virus corona, 425 kasus kematian, dan 632 kasus sembuh dan keluar dari rumah sakit,” ujarnya pada saat jumpa pers yang dilakukan di kediamannya di Jakarta pada Selasa (4/2/2020) silam.

Oleh karena itu, kalau merasakan gejala di atas segera berobat ke Rumah Sakit. Jangan lupa gunakan masker dan tak perlu putus asa karena virus ini bisa disembuhkan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here