5 Fakta Menarik Bahasa Indonesia, Nomor 4 Bikin Kaget!

252

Muslim Obsession – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki sekitar 801 bahasa daerah, namun ketika berbicara secara resmi, maka Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang digunakan.

Ya, faktanya Bahasa Indonesia memang menjadi bahasa persatuan bagi masyarakat di Tanah Air. Namun selain itu, ternyata ada fakta menarik tentang Bahasa Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di akun resmi kemdikbud.ri mengungkapkan bahwa per Juli 2021, tercatat sudah ada 30 negara, 76 lembaga, dan 7.683 orang yang mempelajari bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Minat Belajar Bahasa Indonesia di Saudi Meningkat

Selain itu, Vietnam juga menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya untuk meningkatkan studi bahasa Indonesia dan menjaga hubungan bilateral dengan Indonesia.

Nah, berikut ini 5 fakta yang diungkap Kemdikbud, dan boleh jadi banyak di antara kita yang belum mengetahuinya.

Pertama, Bahasa Indonesia berada di urutan ke-9 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Faktanya, Bahasa Indonesia dipergunakan dan dipelajari oleh banyak negara di dunia.

Perlu diketahui, Bahasa Indonesia dipelajari di 56 negara, Wikipedia berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 se-Asia dank e-26 di dunia. WordPress berbahasa Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah Bahasa Inggris dan Spanyol.

BACA JUGA: Bahasa Indonesia Resmi jadi Bahasa Kedua di Universitas Al-Azhar Mesir

Kedua, Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di Vietnam sejak tahun 2007 dan bahasa yang wajib dipelajari tentara Kamboja. Di Mesir, Bahasa Indonesia juga tercatat sebagai bahasa resmi kedua yang digunakan sivitas Universitas Al-Azhar, Kairo.

Ketiga, Bahasa Indonesia memiliki penutur dengan lidah paling fleksibel.

Keempat, Bahasa Indonesia pernah diperdengarkan di luar angkasa melalui rekaman piringan hitam Satelit Voyager (NASA) pada 1977. Nah, belum banyak yang tahu, kan?

Kelima, Bahasa Indonesia memiliki keunikan ejaan langka. Yaitu setiap angka (bukan bilangan) yang mempunyai huruf awal yang sama akan berjumlah 10 apabila ditambahkan (satu dan Sembilan berawalan huruf s, dst).

Wah keren, makin bangga menjadi bangsa Indonesia kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here