5 Cedera yang Mengintai Akibat Bottle Cap Challenge

391
Bottle Cap Challenge (Foto: Instagram/ John Mayer)

Jakarta, Muslim Obsession – Ramai di media sosial tentang tantangan membuka tutup botol dengan sentuhan atau tendangan kaki atau disebut Bottle Cap Challenge.

Sayangnya, tantangan yang satu ini cukup berbahaya dan rentan menimbulkan cedera, apalagi jika Anda tidak paham betul dengan seni bela diri.

Bottle cap challenge sendiri tergolong ekstrem, karena menuntut orang yang melakukannya untuk melakukan tendangan dengan ketinggian tertentu dan dilakukan secara presisi.

Siapa yang pertama kali melakukan dan menyebarkan bottle cap challenge masih belum diketahui secara pasti. Tapi yang jelas, tantangan ini sudah merambah ke ranah Hollywood setelah Jason Statham dan Jason Mayer mengunggah keberhasilan melakukan bottle cap challenge ke akun Instagram masing-masing.

Berbahaya dan bisa menyebabkan cedera

Seperti tantangan lainnya, bottle cap challenge juga bisa menimbulkan risiko cedera, baik pada orang yang memegang botol maupun si penendang. Beberapa cedera yang bisa timbul, di antaranya:

1. Patah tulang

Cedera jenis ini sangat mungkin terjadi pada orang yang hendak membuka botol (penendang). Dalam bottle cap challenge, orang harus melakukan tendangan berputar sambil melompat layaknya gerakan kung fu. Jika yang menendang tidak hati-hati dan melakukan gerakan yang tidak tepat, patah tulang bisa saja terjadi.

“Sangat mungkin yang melakukan bottle cap challenge mengalami cedera patah tulang di sekitar telapak kaki. Ini karena gerakannya sangat esktrem dengan lompatan,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here