5 Amalan Dari Ustadz Abdul Somad Menyambut Bulan Ramadhan

6544

Jakarta, Muslim Obsession – Tidak lama lagi umat Islam sedunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Islam.

Selama sebulan penuh, umat Islam akan menjalankan ibadah Puasa mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Namun sebelum puasa Ramdhan tiba, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan umat Islam agar dalam menjalankan ibadah puasanya semakin matang dengan iman yang kuat.

Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam ceramahnya seperti dikutip dari kanal YouTube Kajian Islam, menyebut ada lima amalan penting yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 2020:

1. Menjelang bulan Ramadhan, UAS mengimbau agar bisa perbaiki hubungan dengan Allah, mensucikan diri dengan Tauban Nasuha

“Dalilnya, ‘hai orang beriman bertobat kepada Allah.’ Jadi, yang selama ini mencuri, berhenti mencuri. Yang selama ini mengganggu istri orang berhenti, yang selama ini suka menyantet orang, berhenti. Yang selama ini korupsi, yang selama ini membicarakan aib orang lain, berhenti. Inilah masanya kita taubat kepada Allah. Syaratnya bagaiman? Kalau ada orang gila salah, berdosa, mandi tobat. Gimana cara mandi taubat? Ya, sama dengan mandi wajib,” ujarnya.

2. Menyambung tali silaturahmi, perbaiki hubungan antara kita, sesama manusia

“Bapak ibu punya uang Rp30 juta pergi ke Mekah, menangis di pintu Kabah, minta ampun kepada Allah agar dosa-dosa kepada kawan atau teman sekantor dimaafkan. Tidak bisa. Kita mesti datang, bersalaman. Allah ampunkan dosa keduanya, sebelum mereka berpisah,” tambahnya.

3. Pelajari ilmu Ramadhan

“Pelajari ilmu puasa. Undang ustadz-ustadz yang paham dan tanya mereka mengenai ilmu tentang Ramadhan.”

4. Membaca Alquran

“Bulan Ramadhan turunnya Alquran, maka siapkan Alquran.”

5. Siapkan dana

“Siapkan uang untuk membantu anak yatim dan fakir miskin.”
(Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here