40 Tahun, Peringatan di Usia yang Istimewa

204

Oleh: Drs H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Bagi Anda yang hari ini berulang tahun ke-40, semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa bimbing dalam ke-istiqamah-an menapaki jalan iman dan takwa kepada-Nya. Demikian pula doa yang sama bagi Anda yang usianya telah melewati angka 40 tahun.

Life begins at forty. Demikian pepatah yang sering kita dengar. Usia ke-40 merupakan fase istimewa dalam hidup setiap manusia. Usia 40 tahun adalah usia matang untuk kita bersungguh-sungguh dalam hidup.

Mengumpulkan pengalaman, menajamkan hikmah dan kebijaksanaan, membuang kejahilan ketika usia muda, lebih berhati-hati, melihat sesuatu dengan hikmah dan penuh penelitian. Maka tidak heran tokoh-tokoh pemimpin muncul secara matang pada usia ini.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam QS. Al-Ahqof ayat 15:

حَتَّى إَذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِى إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Apabila dia telah dewasa dan usianya sampai empat puluh tahun, ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku jalan untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang soleh yang engkau redhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim.”

Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas sebagai berikut:

وفى تفسير ابن كثير: وهذا فيه إرشاد لمن بلغ الأربعين أن يجدد التوبة والإنابة إلى الله – عز وجل – ويعزم عليها

“Menurut Ibnu Katshir, ayat ini memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbaharui taubat dan kembali kepada Allah ‘azza wa jalla dengan bersungguh-sungguh”.

عن مجاهد قال: سمعت ابن عباس يقول: العمر الذي أعذر الله إلى ابن آدم: (أولم نعمركم ما يتذكر فيه من تذكر) أربعون سنة

Mujahid berkata, aku mendengar daripada Ibnu Abbas berkata: “Usia yang Allah beri peringatan kepada anak Adam dengan usia adalah usia 40 tahun.

عن مسروق أنه كان يقول: إذا بلغ أحدكم أربعين سنة ، فليأخذ حذره من الله عز وجل

Masruq berkata, “Apabila seorang kamu berumur 40 tahun, maka ambillah peringatan daripada Allah Azza wa Jalla”.

Dari penjelasan di atas, maka bisa diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Seseorang yang menapaki usia ke-40 tahun dapat berbahagia jika dia istiqamah untuk taqwa dan ikhlas dalam beribadah.

2. Ia bisa juga sengsara karena memperturut hawa nafsunya. Oleh karenanya banyak yang berusia 40 tahun namun mereka lemah dalam iman dan Islam hingga wafatnya suul khatimah, na’udzubillahi mindzalik.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here