4 Tips Aa Gym Memilih Gubernur Jawa Barat

2715
KH. Abdullah Gymnastiar

Muslim Obsession – Setelah perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta berakhir beberapa bulan lalu, saatnya Pilgub Jawa Barat (Jabar) menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu.

Dalam sebuah acara tausyiah yang diunggah di Youtube, salah satu jamaah bertanya pada KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab dipanggil Aa Gym, mengenai tips memilih gubernur Jabar 2018 nanti.

Sontak, pertanyaan tersebut sempat membuat Aa Gym terkejut. Lalu beliau meneruskan, bahwa dirinya tak mau membahas politik. Namun dari sudut pandang agama, Aa Gym tetap merasa berkewajiban menyampaikan.

Tips Aa Gym

“Saya orang Jawa Barat. Ini bukan kampanye. Saya bukan orang politik atau partai,” ujar Aa Gym.

Aa Gym pun menjabarkan jawabannya sebagai berikut, “Kalau saya akan memilih, pertama, saya akan lihat tingkat ketakwaannya. Takwa itu berarti kepatuhannya kepada Allah, ketaatannya serta mengajak kepada Allah Swt. Akidahnya bener enggak? Akhlaknya bener enggak?” jelas Aa Gym dengan khas dialek Sundanya.

Tips kedua, lanjut Aa Gym, lihatlah dengan siapa ia berkumpul. Aa Gym mengilustrasikan orang yang berteman dengan tukang minyak wangi, maka ia akan ikut terkena wanginya. Begitu pun, jika seseorang berteman dengan pandai besi, akan terkena baunya.

“Lihat bagaimana kelakuan partai pengusungnya. Apakah komitmen dengan iman dan akhlaknya?” tutur Aa Gym.

Sebab, menurut Aa Gym, betapa pun pengaruh teman dekat dan partai pendukung amat penting dalam menentukan keberpihakan pada agama.

“Ketiga, lihat loyalitasnya. Jangan pilih calon yang tidak setia. Hejo tihang istilah Sundanya mah. Lupa sama partai pendukung semula. Loncat sana-sini, tidak tahu berterimakasih,” tukas Aa Gym.

“Yang terakhir, jangan pilih calon yang sangat ambisius ingin jadi gubernur. Karena biasanya yang ambisius, suka menghalalkan segala cara agar ia jadi gubernur,” pungkas pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid tersebut. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here