4 Pakar Al-Quran Ini Dapat Anugerah Lifetime Achievement dari Kemenag

48

Muslim Obsession – Unit Percetakan Al-Quran (UPQ) Kementerian Agama kepada empat pakar Al-Quran. Anugerah tersebut disampaikan pada puncak UPQ Fest 2021 di Ciawi, Bogor, Kamis (11/11/2021).

Empat tokoh  penerima Anugerah Lifetime Achievement ini, pertama, Menteri Agama RI periode 1962-1967 KH Saifuddin Zuhri (alm). Beliau adalah pelopor pembentikan lembaga penerjemah Al-Quran di Indonesia. Kedua, Pakar Tafsir Al-Quran KH Quraish Shihab. Ia diketahui telah menyusun karya Tafsir Al-Misbah yang fenomenal.

Ketiga, Pakar Qira’at Sab’ah Indonesia Ahsin Sakho Muhammad. Dan keempat, khattat (penulis) mushaf Al-Quran Kementerian Agama Isep Misbah.

“Kepada empat tokoh tersebut, kami sampaikan rasa hormat kami yang setinggi-tingginya dan terima kasih atas kesediaan menerima Anugerah Lifetime Achievement,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam sambutannya.

Kamaruddin menuturkan, masa depan UPQ tidak luput dari inspirasi dan dedikasi berbagai tokoh yang telah mengembangkan berbagai cabang ilmu Al-Quran.

“Oleh karenanya, dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang telah berjasa dalam memelihara dan mengembangkan kajian Al-Quran di Indonesia, UPQ memberikan penghargaan tertinggi berupa Lifetime Achievement kepada empat tokoh tersebut,” ujar pria yang sempat menjabat Dirjen Pendis Kemenag RI itu.

Selain itu, Kamaruddin menyebutkan, dalam UPQ Fest 2021 yang untuk pertama kalinya digelar berbagai jenis lomba dalam sejarah UPQ yang disambut dengan antusias. Terbukti, banyak sekali karya yang diikutsertakan peserta dalam tiga kategori lomba.

Tiga kategori lomba itu meliputi Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer bertemakan ‘Masa Depan Percetakan Al-Quran di Indonesia’, lomba Desain Mushaf Al-Quran bercorak Nusantara, dan Lomba Foto Bareng Mushaf Al-Quran Terbitan Kementerian Agama.

“Tercatat lebih dari 500 peserta lolos seleksi dan memiliki kualitas karya yang sangat baik. Dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapak terimakasih dan selamat kepada para pemenang lomba,” kata Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan, dalam menyambut kegiatan yang merupakan perayaan Milad UPQ ke-5 ini, UPQ juga melaksanakan dua kali seminar nasional yang menghadirkan para pakar dan peneliti bidang penerbitan Al-Quran. Keduanya berjalan baik dan diikuti lebih dari 1.500 peserta dari seluruh Indonesia.

Pada puncak UPQ Fest 2021 juga dilakukan peluncuran produk cetak 2021 dengan sejumlah pengembangan seperti sistem quality control (QC) yang ketat, kesahihan produk dijamin melalui tashih LPMQ dan tashih internal secara berjenjang, menggunakan ayat pojok, desain naskah lebih jelas dan tebal, desain cover terbaru, dan high quality control oleh tim QC UPQ.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here