4 Maklumat Ulama Arab Saudi Menyambut Bulan Ramadhan

404

Jakarta, Muslim Obsession – Dewan Ulama Senior atau Hai’ah Kibar Ulama Arab Saudi, telah mengeluarkan empat maklumat kepada kaum Muslimin dalam menyambut bulan suci Ramadhan di tengah wabah Corona. Umat Islam di Arab diminta bisa bersikap bijak dalam beribadah di musim corona ini.

Kibar Ulama Arab Saudi pun menyampaikan empat nasihat kepada kaum Muslimin. Pertama, meminta kaum Muslimin mematuhi sebaik-baiknya prosedur yang diatur oleh pihak yang berwenang di negaranya, terkait dengan pandemi Corona saat ini.

Kedua, umat Muslim hendaknya salat fardhu dan tarawih di rumahnya masing-masing, apabila otoritas negaranya telah merekomendasikan demikian.

Ketiga, umat Muslim hendaknya menghindari kerumunan, mengingat kerumunan dianggap sebagai penyebab utama penyebaran infeksi menurut otoritas kesehatan, termasuk menghindari acara buka puasa bersama dan sahur bersama.

Keempat, para dermawan Muslim diminta untuk mengeluarkan sedekah dan zakat, dengan memperhatikan cara bersedekah yang tidak melanggar langkah pencegahan tersebarnya virus, seperti tidak membuat kerumunan saat pembagian sedekah dan lainnya.

Disamping itu, menurut Kibar Ulama, syariat Islam mengatur ibadah dengan berbagai cara, yang tidak memberatkan umat dan tidak menjerumuskan umatnya pada bahaya bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Sebagaimana, syariat juga menekankan pentingnya menjaga jiwa dan melakukan kepentingan prioritas, terutama dalam kondisi wabah virus Corona seperti saat ini.

“Hendaknya kaum Muslimin harus menjadi contoh suri tauladan yang baik, mematuhi prosedur yang diatur oleh pihak berwenang terkait pandemi Corona, untuk kemaslahatan negara dan umat lainnya,” ungkap Kibar Ulama. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here