4 Kriteria Suami Idaman dalam Islam

303

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi wanita muslim mendapat suami atau pasangan yang shalih adalah impian yang membahagiakan. Karenanya bagi wanita yang ingin menikah, Islam menyuruh untuk mencari pasangan yang baik, tidak sembarang orang.

Mengapa demikian? Karena Menikah adalah suci, dan suami-istri adalah pasangan yang bakal hidup bersama selamanya dunia dan akhirat. Untuk itu, jangan pernah menyia-menyiakan dalam memilih pasangan. Lalu apa saja kriteria suami idaman dalam Islam?

Sesuai dengan hadist dan firman Allah SWT dalam Al-Quran, kira-kira ada empat kriteria suami idaman dalam Islam. Berikut rangkumannya:

1. Sesama Muslim

Poin pertama bagi seorang Muslimah yang ingin mencari pasangan hidup hendaknya mencari sesama muslim, satu agama. Sebab, Allah SWT sudah menyampaikan hal tersebut melalui firmanNya sebagai berikut:

“Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu’min lebih baik daripada orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya”(Q.S. Al-Baqarah: 221).

2. Suami yang taat beragama

Pilihlah seorang suami yang taat beragama. Laki-laki yang taat beragama akan mengajak istrinya untuk bisa dekat dengan Allah. Taat terhadap agamanya menjauih segala larangannya.

Hal tersebut telah disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam hadistnya:

“Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas.” (H.R. Tirmidzi dan Ahmad).

3. Berbakti pada kedua orang tua

Seorang laki-laki yang berbakti pada kedua orang tua menunjukkan ketaatan dan keimanannya pada Allah dan RasulNya. Pilihlah laki-laki yang taat pada orang tua karena restu dan ridho dari orang tua akan memberikan keselamatan dunia dan akhirat.

Taat bukan hanya kepada orangtuanya sendiri, tapi juga orangtua istrinya. Bersikap sopan, dan menyayangi keduanya seperti halnya menyayangi orangtuanya sendiri. Seperti yang disampaikan Rasulullah dalam hadistnya:

“Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Berbaktilah kepada orang tua kalian, niscaya kelak anak-anak kalian berbakti kepada kalian; dan periharalah kehormatan (istri-istri orang), niscaya kehormatan istri-istri kalian terpelihara.” (H.R. Thabarani, adapun ini adalah hadits Hasan).

4. Menjauhi maksiat

Terakhir pilihlah laki-laki yang menjauhi maksiat. Mereka yang menjauhi maksiat akan terhindar dari keinginan melakukan perbuatan maksiat. Hal tersebut disampaikan Allah SWT melalui firmanNYa:

“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah Allah kepada mereka dan selalu taat pada apa yang diperintahkan.” (Q.S. At-Tahriim: 6).

Demikian kriteria bagi Muslimah yang ingin mencari suami yang idaman, shalih. Baik akhlaknya dan taat terhadap agama menjadi modal dasar yang utama, bukan ketampanan atau kekayaan yang utama, melainkan akhlaknya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here