4 Jenis Burung yang Disebutkan Al-Quran, No. 2 Bentuknya Cantik!

355

Muslim Obsession – Allah Ta’ala menyebut sejumlah nama hewan di dalam Al-Quran. Penyebutan nama-nama hewan tersebut berkaitan dengan banyak hal, sejarah para Nabi, kesehatan, dan lain sebagainya.

Di antara sekian nama hewan yang termaktub di dalam Al-Quran, ada empat jenis burung yang memiliki peran penting dalam perjalanan syiar para Nabi dan pengetahuan umat manusia.

Apa saja keempat jenis burung tersebut?

1. Burung Gagak

Peradaban manusia yang dimulai dari Nabiyullah Adam ‘alahissalam memuat tragedi berdarah yang melibatkan Burung Gagak.

Jenis burung yang umumnya dikenal berbulu serba hitam itu disebutkan Al-Quran, atas izin Allah Ta’ala, berperan memberikan contoh kepada Qabil bagaimana cara memakamkan seorang mayit.

Ya, ketika itu, Qabil membunuh saudaranya, Habil, karena dendam dan marahnya.

Kisah ini diceritakan Allah Ta’ala lewat QS. Al-Maidah ayat 31:

فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الْأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِي ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِينَ

“Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal”.

SELANJUTNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here