4 Ciri Orang yang Diharamkan Tersentuh oleh Api Neraka

5909
KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).
KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Jakarta, Muslim Obsession – Kaum muslim selaku umat Nabi Muhammad, semuanya pasti memiliki harapan jika di akhirat kelak bisa ditempatkan di dalam surga. Tak ada umat nabi yang meminta mengharapkan ditempatkan di dalam neraka.

Menurut KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, ada 4 ciri orang yang diharamkan tersentuh oleh api neraka.

Aa menyitir hadits At Tirmidzi & Ibnu Hibban, yang berbunyi: Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Maukah kamu aku tunjukan orang yang diharamkan neraka baginya?’ Para sahabat menjawab: Tentu saja, wahai Rasululllah!’ Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: ‘(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl!” (HR. At Tirmidzi & Ibnu Hibban, disahihkan oleh Al-Albani).

“Sahabat, ayoo miliki sifat-sifat yang tak akan tersentuh api neraka. Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl. Keempat sifat ini harus melekat di diri kita semua,” kata Aa, seperti dikutip dari akun Instagram @aagym, Jumat (20/9/2019).

Aa menjelaskan makna Hayyin berarti orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Sementara arti Layyin adalah orang yang lembut dan memiliki rasa kasih sayang. Qarib orang yang dekat, mudah akrab dan ramah, sedangkan Sahl orang yang memudahkan urusan dan tidak mempersulit sesuatu.

“Bismillaah niatkan diri kita bisa memiliki semua sifat ini, Insya Allah terhindar dari api neraka,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here