4 Cara Cegah Demensia, Plus Doa dari Rasulullah

142

Muslim Obsession – Salah satu kondisi yang tak ingin dimiliki setiap orang adalah lupa ingatan ketika sampai lanjut usia. Kondisi ini biasa disebut Demensia, yakni sekelompok gejala yang mempengaruhi memori, cara berpikir dan kemampuan sosial pengidapnya.

Gejala-gejala tersebut tentunya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Mudah lupa atau hilang ingatan memang salah satu gejala khas dari demensia. Meski tak selalu hilang ingatan merupakan Demensia.

Mengutip Halodoc, penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia progresif pada lansia. Risiko demensia dapat meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Namun ada sejumlah penyebab lain yang menyebabkan seseorang mengalami demensia.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Apa Saja?

Lalu, apakah demensia dapat dicegah? Sejauh ini tidak diketahui pasti apakah demensia maupun Alzheimer bisa dicegah. Meski begitu, ada beberapa aktivitas yang dinilai mampu meminimalisir perkembangan demensia.

Permainan Otak

Permainan seperti teka teki silang atau bermain sudoku ternyata mampu merangsang otak dan meningkatkan kemampuan memori seseorang. Hal ini telah dibuktikan dapat membantu menangkal gejala demensia akibat penyakit Alzheimer pada lansia.

Olahraga

Selain melakukan permainan yang mengasah otak, olahraga juga dapat mengurangi potensi demensia di kemudian hari. Olahraga yang terdiri dari campuran kardio dan latihan kekuatan selama dapat membantu otak mempertahankan koneksi saraf-saraf di otak. Pastikan kamu berolahraga setidaknya 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

BACA JUGA: Memang Ribet! Tapi Anak-Anak Harus Makan Ikan Agar Sehat dan Cerdas

Tidur Berkualitas

Tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh supaya bekerja dengan baik. Para peneliti telah menemukan bahwa insomnia atau kurang tidur sebenarnya merupakan faktor risiko utama perkembangan penyakit Alzheimer. Oleh sebab itu, pastikan kamu tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam untuk menurunkan risiko Alzheimer yang menyebabkan demensia.

Meditasi

Meditasi adalah cara terbaik untuk menjaga ketenangan batin dan mencegah depresi. Secara tidak langsung, manfaat tersebut ternyata berhubungan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan pada otak. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease mengungkapkan bahwa meditasi mampu mencegah gangguan kognitif ringan atau mild cognitive impairment (MCI) pada pengidap alzheimer.

BACA JUGA: Perhatikan, Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Dalam konteks ini, redaksi Muslim Obsession berpendapat, jika Anda seorang Muslim maka laksanakanlah shalat dengan benar. Kekhusyukan dalam shalat bisa membantu Anda untuk menghadirkan ketenangan batin. Inilah meditasi yang terbaik dalam Islam.

Selain itu, perlu disadari bahwa di setiap kondisi, Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berserah diri kepada Allah Ta’ala, baik kondisi senang maupun susah. Oleh sebabnya kita bisa menemukan banyak sekali dzikir dan doa yang bisa diamalkan oleh setiap Muslim sebagai bentuk kepasrahan dan ketaatan kepada-Nya.

Lewat dzikir kita dibimbing untuk mendapatkan ketenangan batin. Sementara lewat doa, kita diajarkan untuk memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala, sekaligus bentuk ketidakmampuan diri dan kepasrahan diri pada setiap takdir yang berlaku pada kita.

Ada sebuah doa khusus yang Rasulullah ﷺ ajarkan kepada umatnya untuk memohonkan perlindungan Allah Ta’ala dari kondisi pikun di saat lanjut usia.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَأَعُوْذُ بِكَ أن أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Allahumma inni a’udzubika minal jubni wa a’udzubika an urodda ilaa ardzalil ‘umuri wa a’udzubika min fitnatid dunya wa a’udzubika min ‘adzaabil qabri.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, aku berlindung kepada-Mu kepada serendah-rendahnya usia (pikun), aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung berlindung kepada-Mu dari adzab kubur,” (HR. Bukhari).

Wallahu a’lam bish shawab. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here