4 Amalan yang Sering Ditinggalkan Ini Bisa Bikin Wajah Glowing!

750
Muslimah (Foto: About Islam)

Muslim Obsession – Banyak orang terutama wanita berani merogoh kocek dalam-dalam hanya demi memiliki wajah cerah atau glowing.

Segala upaya dilakukan seperti melakukan perawatan alami maupun kimiawi, mencoba segala macam kosmetik, skin care bahkan hingga operasi.

Namun, sebagai Muslimah perlukah melakukan hal-hal demikian? Merawat wajah sama halnya dengan merawat titipan Allah. Maka selama perbuatan yang dilakukan masih sesuai syariat Islam, Insya Allah hal tersebut boleh dilakukan.

Baca Juga: Awas! Maksiat Bikin Wajah Kusam

Selain menjaga kesehatan dengan rutin olahraga, rajin membersihkan wajah, makan makanan yang sehat dan sebagainya, ada empat amalan yang bisa wanita Muslimah lakukan untuk membuat wajah cerah dan glowing. Apa saja?

Shalat Tahajud

Shalat sunah tahajud memiliki manfaat untuk mendekatkan diri kepada Allah, sebagai salah satu amalan penghapus dosa dan pencerah wajah alami.

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR. Ibnu Majah)

Said bin al-Muasyab berkata, “Sesungguhnya, orang yang selalu shalat malam, Allah akan menjadikan wajahnya bersinar, sehingga ia akan dicintai seluruh umat, bahkan orang yang belum mengenalnya sekalipun. Orang akan berkata, ‘aku sungguh menyenangi orang ini.”

Wudhu

Dalam sebuah hadits dikatakan:

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajah dan badannya bercahaya) karena bekas wudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran, hendaklah ia melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menjauhi maksiat

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Sesungguhnya perbuatan baik itu mendatangkan kecerahan pada wajah, cahaya pada hati, kekuatan badan dan kecintaan makhluk. Sebaliknya, perbuatan buruk itu mengundang kekusaman pada wajah, kegelapan kubur dan kegelapan hati, kelemahan badan, sulitnya rezeki dan kebencian makhluk.”

Senyum

Sebagaimana yang dipaparkan dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi yang berbunyi:

Menampakkan wajah manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia, dan melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagianya hati seorang muslim adalah suatu kebaikan dan keutamaan. (Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” no. 6 hal 75-76).

Wallahu ‘Alam bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here