4 Akhlak yang Harus Diterapkan Agar Tercipta ‘Rumahku Surgaku’

556
Ilustrasi: Keluarga Bahagia.

Jakarta, Muslim Obsession  – Ada empat akhlak yang bagus diterapkan di rumah terutama selama masa social distancing, agar tercipta suasana rumahku surgaku. Hal ini disampaikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym melalui Instagram, Selasa (24/3/2020).

Empat akhlak tersebut ialah:

Pertama, Hayyin. Milikilah akhlak hayyinin yaitu orang yang sangat tenang dan teduh meneduhkan lahir dan batin. Tidak tempramental dan tidak mudah marah. Sehingga saling menenangkan di dalam rumah.

Kedua, Layyin. Yaitu orang yang sopan santun, penyayang dan lemah lembut. Sepakati sekeluarga untuk berlomba-lomba memilki sikap sopan santun, lembut dan penyayang kepada satu sama lain.

Ketiga, Qarib. Sepakati sekeluarga untuk memiliki sikap qaribin yaitu orang yang akrab, hangat dan menyenangkan. Kuncinya adalah tawadhu dan rendah hati.

Keempat, Sahl. Sahlin adalah sikap kita untuk membuat setiap urusan di dalam rumah menjadi mudah memudahkan dan tidak dipersulit. Sehingga suasana di rumah sangat nyaman.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Saw. yang berbunyi:

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya?’ Para sahabat menjawab: Tentu saja, wahai Rasululllah!’

Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: ‘(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl!” (HR. At Tirmidzi & Ibnu Hibban, disahihkan oleh Al-Albani).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here