3 Pemanis Alami Ini Aman Gantikan Gula Pasir

1787
Gula pasir (Foto: Brilio)

Muslim Obsession – Masyarakat kini semakin menyadari bahaya dari konsumsi gula sehari-hari. Berbagai produk pemanis buatan yang mengaku sehat pun bermunculan. Tapi, hati-hati dalam memilih pemanis buatan.

Alih-alih ingin menjadi sehat, pengganti gula pasir tersebut justru memicu gangguan kesehatan. Akan lebih baik bila Anda memilih pemanis alami yang jelas sehatnya. Karenanya, mulai sekarang ayo ganti gula pasir dengan pemanis alami berikut ini!

1. Madu

Madu (Foto: Hello Sehat)

Madu merupakan pemanis yang paling sering digunakan untuk menggantikan gula pasir, baik dalam minuman maupun masakan. Bahkan, tak sedikit menu minuman dan makanan yang memang sengaja menggunakan madu sebagai pemberi cita rasa manis.

Madu sendiri merupakan hasil dari nektar bunga yang dikumpulkan dan diproses oleh lebah. Kandungan fruktosa di dalamnya memberikan rasa manis yang khas. Selain dapat menggantikan gula, madu juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan.

Dikutip dari Klik Dokter, Mengonsumsi madu dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, sehingga tubuh memiliki kekuatan untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Dengan demikian, sistem pertahanan tubuh pun meningkat.Berbagai studi juga menemukan bahwa konsumsi madu dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

Meski madu terbilang sehat, namun fruktosa yang serupa dengan gula berisiko memicu berbagai jenis penyakit jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jadi, tetap perhatikan jumlah madu yang Anda konsumsi, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here